Cari Kategori

Pengertian Perilaku

Posted by Indeks Prestasi


Pengertian Perilaku

Indeksprestasi.blogspot.com - Perilaku adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh seseorang negatif atau pun positif yang di miliki dalam diri manusia yang timbul sebab adanya dorongan untuk melakukan sesuatu ( Horton B Paul 2008 : 198 ).


Perilaku manuasia tidak timbul dan ada begitu saja, perilaku manusia terbentuk karena adanya dorongan-dorongan dalam diri seseorang untuk melakukan dan memutuskan sesuatu hal, didalam diri mereka masing-masing, perilaku manusiaantara satu dengan yang lain sangat lah berbeda hal ini di karnakan latar belakang kehidupan di dalam keluarga mereka berbeda-beda, karena keluarga adalah salah satu hal yang paling berpengaruh pada sikap dan perilaku seseorang,lingkungan yang sering memperlakukan anggota kelompok di dalam lingkungan itu dengan tidak baik maka hal ini menyebabkan dampak yang kurang baik pula, terhadap perilaku anak yang ada di lingkungan tersebut.

Orang tua yang dimana sebagai vigur bagi anak-anak mereka akan di tiru dan di contoh oleh anaknya entah itu perilaku mereka baik dan buruk, seorang anak akan melihat bagai mana orang tua mereka berperilaku dan bagai mana mereka memperlakukan anaknya, tema sebaya sepermainan dominan dan berpengaruh sangat besar sekali terhadap perilaku seorang anak karena teman sebaya inilah dimana anak-anak bermain dan berinteraksi di lingkungan atau di sekolah mereka.

Hubungan dengan orang tua atau pengasuhnya merupakan dasar bagi perkembangan emosional dan perilaku sosial anak ( Desmita 144 : 2010 ). Kasih sayang orang tua atau pengasuh di beberapa tahun pertama kehidupan merupakan kunci perilaku sosial anak, mengingatkan kemungkinan anak memiliki kopetensi secara sosial dan penyesuaian diri yang baik pada tahun-tahun pra sekolah dan sesudahnya.

Karena manusia adalah satukesatuan antara manusia satu dengan manusia yang lain, maka perkembangan dalam diri manusia itu akan tampak gejala-gejalanya sebagai gambaran tersebut. Gejala-gejala yang biasanya tampak sebagai gambaran berkembangnya berbagai aspek dalam diri individu itu adalah sebagai berikut :

1.    Aspek intelek
Gejala yang tampak sebagai perkembangan individu dalam aspek intelektual antara lain sebagai berikut : Perubahan kualitatif atau kuantitatif mengenai kemampuan seorang anak dalam mengatasi sebuah permasalahan dan bagai mana dalam bersikap terhadapnya, perubahan kauntitatif berarti semakin banyak masalah yang harus di atasi. Perubahan kualitatif berarti semakin banyak mengatasi hal-hal yang lebih sulit.
2.    Aspek Emosi
Gejala yang tampak dalam perkembangan emosi ini , antara lain :
  1. ketidak setabilan perilaku yang di pengaruhi oleh emosi pada anak remaja
  2. mudahnya menampakaan sikap dan perilaku emosi yang meluap-luap pada remaja,seperti mudah menangis, mudah marah, dan mudah tertawa terbahak-bahak
  3. semakain mampu mengendalikan diri
3.    Aspek sosial
Gejala yang tampak dalam perkembangan sosialnya di antaranya :
  1. semakin berkembangnya sikap toleran, empati, dan memahami menerhima pendapat orang lain.
  2. Semakin santun menyampaikan pendapat dan keritik pada orang lain
  3. Adanya sikap dan perilaku ingin bergaul dan bekerjasama dengan orang lain
  4. Suka menolong kepada siapa saja yang mebutuhkan
  5. Kesediaan menerima suatu yang di butuhkan oleh orang lain
  6. Bersikap dan berperilaku sopan,hormat dan menghargai pada orang lain

Related Post



Posted by: Admin Indeks Prestasi Updated at: 21:15:00

Post a Comment