Cari Kategori

Pengertian Perilaku Sosial

Posted by Indeks Prestasi


Pengertian Perilaku Sosial

indeksprestasi.blogspot.com - Manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain, dengan demikian manusia memperlukan pergaulan ( interaksi ) dengan yang lain. Begitu juga anak-anak memerlukan pergaulan yang tentunya positif serta dapat mengembangkan dan menimbulkan rasa percaya diri, sehingga anak dapat menyelaraskan keadaan yang terjadi pada dirinya. Perilaku sosial manusia dapat di lihat ketika manusia itu berinteraksi dengan manusia yang lain,banyak hal yang melatar belakangi manusia itu berinteraksi dan berperilaku social. Untuk lebih jelasnya tentang pengertian perilaku sosial dibawah ini menurut para ahli diantara lain :

Menurut Mohamad Asrori ( 2008 : 98 )
yaitu adanya kepentingan bersama untuk mencapai suatu tujuan, perilaku sosial perilaku yang di miliki oleh diri manusia namun perilkau sosial ini tidak di bawa ketika manusia itu di lahirkan akan tetapa perilaku sosial ini ada dan terbentuk dengan sendirinya. Soetjipto Wirosarjono ( 1991) yang mengatakan bahwa “ Bentuk-bentuk perilaku sosial merupakan hasil tiruan dan adaptasi dari pengaruh kenyataan sosial yang ada. Akan tetapi terbentuk dan ada karena manusia melihat dan memperhatikan hal-hal yang terjadi di sekitarnya dan lingkunganya.

Menurut Lukman Ali (1985 : 938)
Perilaku sosial merupakan gabungan dari dua kata yaitu perilaku dan sosial arti perilaku secara etimologis dalam kamus besar bahasa Indonesia adalah “ perubahan yang berdasarkan pada.

Menurut Maarat, ( 1997 :19 )
perilaku adalah seperangkat reaksi-reaks afektif terhadap objek tertentu berdasarkan hasi penalaran, pemahaman, dan penghayatan individu.

Menurut H Abu Ahmad ( 2002 :163 )
perilaku sosial adalah kesadaran individu yang menentukan perbuatan yang berulang-ulang terhadap objeknya.

Menurut George Ritzer ( 1992 : 84 )
perilaku sosial adalah tingkah laku individu yang berlangsung dalam hubungannya dengan factor lingkungan yang menimbulkan perubahan pada tingkah laku.

Jadi dari pengertian diatas perilaku sosial adalah bagian dari ahlak yang membedakan makhluk manusia dengan hewani, manusia tanpa perilaku sosial yang baik akan kehilangan derajat kemanusiaannya, dan manusia yang tidak memiliki perilaku sosial yang baik maka akan kesulitan dalam berinteraksi dan bergaul dengan orang lain di lingkungan sekitarnya.

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain, dengan demikian manusia memperlukan pergaulan (interaksi) dengan yang lain. Begitu juga anak-anak memerlukan pergaulan yang tentunya fositip serta dapat mengembangkan dan menimbulkan rasa percaya diri, sehingga anak dapat menyelaraskan keadaan yang terjadi pada dirinya. Dalam perspektip Sujono Sukanto
(1988: 50) bahwa interaksi sosial adalah kunci semua dari kehidupan sosial. Tanpainteraksi social tidak mungkin ada kehidupan bersama.

Kecendrungan manusia untuk bergaul dapat di amati sejak kecil, anak-anak membutuhkan pertolongan orang tua yang lebih dewasa untuk memenuhi segala kebutuhannya, mereka tidak ingin hidup kesepian, mereka butuh tema untuk berinteraksi. Anak-anak bergaul mulai dari keluarganya, tetangga dan sekolahnya, mereka senang bergaul dengan teman sebaya, bahkan semakin lama semakin luas pergaulannya dan bahkan teman-teman yang lebih dewasa ketimbang dirinya, untuk itu seorang anak harus di beri pemahaman nilai-nilai agama tujuannya agar seorang anak bisa berbuat sopan santun terhadap teman atau guru di sekolah.

Tag:
Pengertian Perilaku Sosial


Related Post



Posted by: Admin Indeks Prestasi Updated at: 21:14:00

Post a Comment