Cari Kategori

Konsep Pembelajaran Hypnoteaching

Posted by Indeks Prestasi


Konsep Pembelajaran Hypnoteaching
indeksprestasi.blogspot.com - Pembelajaran merupakan suatu proses belajar mengajar, model pembelajaran yang mencakup strategi atau metode pembelajaran mengandung 4 katakteristik yaitu: rasional teoritik yang logis, tujuan intruksional yang akan di capai, prilaku mengajar yang diperlukan, dan lingkungan mengajar yang mendukung tercapainya tujuan pembelajaran.

Untuk mencapai tujuan yang hendak di capai dalam proses belajar mengajar, seorang guru perlu menguasai metode yang dibutuhkan untuk merangsang terjadinya perubahan yang diinginkan. Kedudukan metode sebagai alat motivasi ekstrinsik, sebagai strategi pengajaran, dan sebagai alat untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Mengenai strategi pembelajaran sendiri cendrung merupakan aspek psikologis dari suatu sistem atau struktur. Banyak penelitian yang dilakukan dalam rangka meningkatkan hasil pembelajaran, diantaranya seperti yang dilakukan oleh Iis Holiah (2010), dalam makalah penelitianya yang berjudul “Pendekatan Hypnoteaching Sebagai Sebuah Inovasi Baru Dalam Pembelajaran” sebagai berikut:
Berdasarkan hasil analisis terhadap temuan uji coba pendekatan hipnosis dalam pembelajaran, dapat disimpulkan:
1.    Terjadi peningkatan pengusaan siswa tentang konsep-konsep dasar sosiologi setelah dilakukan pendekatan hipnosis selama pembelajaran satu semester. Hal ini berarti kecerdasan siswa melesat cukup cepat.
2.    Perilaku siswa di kelas yang kurang baik berubah menjadi baik setelah guru memberikan sugesti-sugesti positif dalam proses hipnosis.
3.    Kepatuhan siswa terhadap guru dan motaivasi belajar siswa meningkat  setelah dilakukan pendekatan hipnosis selama pembelajaran.
Dari penelitian yang telah dibahas diatas, dapat disimpulkan bahwa dengan penelitian-penelitian tersebut mendukung penelitian ini yang menekankan kepada penerapan pembelajaran. 

Related Post



Posted by: Admin Indeks Prestasi Updated at: 21:22:00

Post a Comment