Cari Kategori

Pembentukan Perilaku dengan Menggunakan Model

Posted by Indeks Prestasi


Pembentukan Perilaku dengan Menggunakan Model

indeksprestasi.blogspot.com - Dengan telah di paparkan pada artikel sebelumnya tersebut perilaku juga dapat di bentuk dengan menggunakan model atau contoh, jika orang bicara bahwa orang tua sebagai contoh bagi anak-anaknya hal ini banyak terjadi di dalam keluarga anak meniru apa-apa yang orang tua lakukan, hal ini dapat mempangaruhi tumbuh kembang dan sikap seoraang anak terhadap teman keluarga guru, masyarakat dan lingkunganya. Perilaku tidak di bawa sejak lahir.

Ini berarti manusia sejak di lahirkan tidak mempunyai perilaku terhadap objek karena perilaku tidak di bawa sejak individu dinlahirkan.oleh karena itu perilaku terbentuk dalam pertumbuhan dan perkembangan individu yang bersangkutan, oleh karena itu perilaku terbentuk atau di bentuk, maka perilaku itu bisa di pelajari. Dan karenaya perilaku itu dapat berubah walau demikian perlaku itu mempunyai kecendrungan adanya sifat yang aga tetap.

Perilaku selalu terbentuk atau di pelajari dalam hubungannya dengan objek-objek tertentu, melalui persepsi terhadap objek tersebut. Hubungan poistif atau negatif antara individu dengan objek tertentu, akan menimbulkan objek tertentu pula dari individu terhadapobjek tersebut.

Perilaku itu dapat berlangsung lama atau sebentar
Bila suatu perilaku telah terbentuk dan menjadi nilai dalam kehidupan seseorang secara relatif perilaku itu akan lama bertahan pada diri seseorang tersebut dan perilaku itu akan sulit berubah dan adapun berubah akan memerlukan waktu yang cukup lama, tetepi jika perilaku itu belum begitu lama dalam diri seseorang maka relatif tuidak akan begitu lama dan akan berubah.

Perilaku di pengaruhi oleh beberapa faktor di antaranya :
1.    Faktor internal
Faktor internal yaitu faktor yang ada pada diri anak itu sendiri, faktor internal ini biasanya genetik yang di bawa oleh kedua orang tuanya atu bisa jadi kombinasi dari sifat kedua orang tuannya faktoroleh sebab itu sering kita dengar istilah „ Buah tidak jauh jatuh dari pohonya „ Misal sifat yang mudah marah yang di miliki oleh seorang ayah bukan tidak mungkin akan mempengaruhi dan menurun pula terhadap anaknya.
2.    Faktor eksternal
Faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar orang atau anak tersebut, faktor eksteren biasanya di pengaruhi oleh lingkungan sekitar yaitu keluarga, teman, tetangga sampa media cetak atau televisi yang ia lihat, lingkungan keluarga tempat anak berkembang dan tumbuh sampai dewasa dan akan mempengaruhi perilaku terhadap seorang anak.

Related Post



Posted by: Admin Indeks Prestasi Updated at: 21:21:00

Post a Comment