Cari Kategori

Pengaruh Kedisiplinan terhadap Prestasi

Posted by Indeks Prestasi


Pengaruh Kedisiplinan terhadap Prestasi

indeksprestasi.blogspot.com - Prestasi belajar itu timbul dengan hasil belajar di sekolah yang tergantung pada siswa bisa meraih nilai dengan maksimal atau tidak. Jika prestasi belajar siswa terlalu tergantung pada faktor ekstrinsik, seperti dorongan dari orang tua, guru, atau teman, maka biasanya prestasi belajar cenderung tidak stabil dan mudah menjadi lemah. Jika menghadapi hambatan tertentu, seperti tidak ada dorongan dari orang lain, maka tidak ada kedisiplinan di sekolah.

Di sekolah dengan disiplin yang konsistenlah proses belajar dapat berlangsung dengan baik sesuai dengan rencana yang telah ditentukan di dalam sekolah. Dengan adanya disiplin tersebut, sekolah dapat berfungsi sebagai melatih mengendalikan tingkah laku, tanggung jawab siswa terhadap tata tertib dan peraturan di sekolah. Selain itu yang paling penting, dengan adanya disiplin yang konsisten, sekolah dapat menjalankan perannya sebagai lembaga pendidikan yang mampu meningkatkan kualitas tingkah laku siswa. Di sekolah-sekolah yang tata tertibnya tidak konsisten, biasanya akan terjadi berbagai macam masalah yang sangat menghambat proses belajar mengajar. Tidak terlaksananya disiplin atau tata tertib secara konsisten, inilah yang menjadi salah satu penyebab utama terjadinya penurunan motivasi belajar seorang siswa. Maka dari itu dengan adanya kedisiplinan di sekolah, maka siswa akan lebih giat belajar sehingga motivasi belajar meningkat. Penerapan disiplin yang tinggi akan mempengaruhi prestasi belajar. Manfaat dan kegunaan disiplin akan terasa baik oleh guru, siswa, dan tenaga kependidikan lainnya dalam proses pembelajaran di sekolah. Hal ini terjadi jika disiplin ini benar-benar dilakukan, akan tetapi apabila disiplin tidak dilaksanakan secara benar, maka akan menyebabkan terjadinya pelanggaran disiplin dan pelanggaran disiplin ini akan berakibat negatif terhadap prestasi belajar.

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kedisiplinan di sekolah ada hubungannya dengan prestasi belajar. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa:
  1. Dengan prestasi belajar yang baik, maka siswa akan berdisiplin di sekolah.
  2. Dengan adanya disiplin di sekolah, maka siswa akan lebih giat belajar sehingga prestasi belajar meningkat.
  3. Apabila tidak ada kedisiplin di sekolah secara konsisten, maka akan terjadi penurunan prestasi belajar siswa.


Related Post



Posted by: Admin Indeks Prestasi Updated at: 21:20:00

Post a Comment