Cari Kategori

Jenis dan Proses Terbentuknya Perilaku

Posted by Indeks Prestasi


Jenis dan Proses Terbentuknya Perilaku

indeksprestasi.blogspot.com - Skinner (1976) yang di kutip oleh Bimo Walgito ( 2002 : 17 ) membedakan perilaku menjadi dua (a) perilaku yang alami ( innate behavior ) (b) perilaku operan ( operant behavior ). Peerilaku alami yaitu perilaku yang dibawa sejak di lahirkan, yaitu yang berupa repleks-repleks dan insting-insting, sedangkan perilaku operan yaitu perilaku yang di bentuk melalui peroses belajar. Perilaku yang refleksif merupakan perilaku yang terjadi secara spontanitas terhadap stimulus yang mengenai organisme yang bersangkutan. Suatu contoh kita akan berkedip ketika trekena sinar yang sangat terang sekali, gerak lutut ketika di pukul dengan palu, hal-hal yang seperti ini di namakan perilaku yang spontan dan terjadi dengan sendirinya.

Banyak hal yang kita lakukan dengan perilaku kita sendiri namun tidak disadari oleh diri kita, pembentukan perilaku seperti yang telah di paparkan di atas bahwa perilaku manusia sebagian besar ialah perilaku yang berbentuk dan dipelajari. Berkaitan dengan hal tersebut ialah bagaimana cara untuk membentuk perilaku yang diharapkan.

Cara pembentukan perilaku dengan kebiasaan salah satu cara untuk bembentuk perilaku bisa dengan cara menempuh kebiasaan. Dengan cara kita membiasakan diri untuk berperilaku yang kita harapkan, akhirnya akan terbentuk perilaku tersebut, satu contoh membiasakan kita bangun di pagi hari, membiasakan menggosok gigi sebelum tidur, mengucap kanterimakasih kepada orang yang telah memberi kita sesuatu dan lain-lain.

Pembentukan perilaku juga dapat di tempuh dengan cara menmberikan suatu clue atau perintah kepada orang yang akan kita pengaruhi misal seorang ayah memnyuruh anaknya untuk belajar ketika malam hari, dalam berinteraksi dengan lingkungannya anak mulai belajar mengenai aspek kehidupan yang ada dalam lingkunganya yang berkaitan Dengan moral, sikap, perilaku dan nilai, dalam konteks ini lingkungan merupakan salah satu faktor yang sangat besar pengaruhnya bagi perkembangan sikap, perilaku moral dan nilai ( Hoorock, 1976 ;Gunarsa, 1988) yang di kutip ( Mohamad Ali 2008 : 146 )

Perkembagan perilaku dan kepribadian dari semenjak pra sekolah hingga akhir sekolah ditandai oleh semakin luasnya pergaulan sosial , terutama dengan teman sebaya, tema sebaya (peer) sebagai kelompok sosial sering didefinisikan dengan semua orang yang memiliki kesamaan sosial atau memeiliki kesamaan ciri-ciri,seperti kesamaan tingkat usia ( Hetherington & Parke,1981 ) yang dikutip ( Desmita 2010 :145 ).

Akan tetapi, di definisikan teman sebaya lebih ditentukan dengan kesamaan tingkah laku atau psikologis ( Lewis & Rosenblun, 1975) yang dikutip oleh ( Desmita 2010 :145)
Beberapa hubungan sosial dengan teman sebaya memiliki arti dan pengaruh yang sangat besar bagi perilaku anak, salah satu fungsi kelompok teman sebaya yang paling penting ialah menyediakan suatu sumber informasi dan perbandingan tentang dunia diluar keluarga. Anak menerima umpan balik tentang kemampuan-kemampuan mereka dari teman sebaya, anak-anak akan mengevaluasi apakah yang mereka lakukan lebih baik, sama atau lebih jelek dari yang dilakukan oleh anak yang lain. Mereka menggunakan orang lain sebagi tolak ukur untuk membandingkan dirinya proses pembandingan sosial ini merupakan dasar bagi pembentukan rasa harga diri dan gambaran dari anak.

Tag:
Jenis dan Proses Terbentuknya Perilaku

Related Post



Posted by: Admin Indeks Prestasi Updated at: 21:23:00

Post a Comment