Cari Kategori

Pengertian Disiplin

Posted by Indeks Prestasi


Pengertian Disiplin

indeksprestasi.blogspot.com - Secara etimologis, istilah disiplin berasal dari bahasa latin “disciplina” yang menunjuk kepada kegiatan belajar dan mengajar (Syamsu Yusuf, LN, 2009: 24), mengemukakan pengertian disiplin sebagai berikut.
a.    Disiplin diartikan sebagai peraturan, order, patokan-patokan tentang perilaku, norma dan hukuman.
b.    Disiplin merupakan ketaatan terhadap peraturan, norma, atau patokan-patokan (standars).
c.    Disiplin diartikan sebagai cara mendidik (melatih) individu agar berperilaku sesuai dengan norma atau peraturan yang berlaku dalam lingkungan atau yang diterima masyarakat.

Mengacu pada pengertian di atas maka dapat disimpulkan, dalam pelaksanaan disiplin akan senantiasa merujuk kepada norma, peraturan, dan patokan-patokan yang menjadi unsur penentu perilaku. Adanya unsur pengontrolan terhadap perilaku supaya individu berperilaku sesuai norma dan dapat diterima di masyarakat. Selanjutnya mengemukakan tiga pengertian mengenai disiplin, sebagai berikut:

a.    Punishment (hukuman), hal ini berarti anak perlu dihukum (bila salah).
b.    Control by enforcing obidience or orderly conduct, hal ini berarti individu memerlukan seseorang yang mengontrol, mengarahkan dan membatasi tingkah lakunya. Individu dipandang tidak mampu mengarahkan, mengontrol dan mambatasi tingkah lakunya sendiri.
c.    Training that correct and strengthness, implikasi dari pengertian ini bahwa tujuan disiplin adalah self discipline (disiplin diri), dalam arti tujuan latihan adalah memberi kesempatan kepada individu untuk melakukan sesuatu berdasarkan pengarahan dan kontrol dirinya.

Tujuan disiplin adalah disiplin diri (Meitavani, 2008:11) mengemukakan “discipline is training in self control or education (teaching children what they should or should not do). It also means training that molds, strengthens, or perfects children to follow the rules”. Disiplin diartikan sebagai cara untuk melatih individu dalam hal kontrol diri atau melatih individu mengenai apa yang boleh dan tidak boleh mereka perbuat sesuai dengan peraturan yang berlaku di masyarakat. Kesimpulan dari pengertian-pengertian disiplin yang telah dipaparkan yaitu, disiplin adalah upaya sadar individu untuk melaksanakan dan menaati peraturan, tata tertib serta norma yang berlaku dalam masyarakat dan dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab.

Related Post



Posted by: Admin Indeks Prestasi Updated at: 21:18:00

Post a Comment