Cari Kategori

Jenis dan Proses Terbentuknya Perilaku


Jenis dan Proses Terbentuknya Perilaku

indeksprestasi.blogspot.com - Skinner (1976) yang di kutip oleh Bimo Walgito ( 2002 : 17 ) membedakan perilaku menjadi dua (a) perilaku yang alami ( innate behavior ) (b) perilaku operan ( operant behavior ). Peerilaku alami yaitu perilaku yang dibawa sejak di lahirkan, yaitu yang berupa repleks-repleks dan insting-insting, sedangkan perilaku operan yaitu perilaku yang di bentuk melalui peroses belajar. Perilaku yang refleksif merupakan perilaku yang terjadi secara spontanitas terhadap stimulus yang mengenai organisme yang bersangkutan. Suatu contoh kita akan berkedip ketika trekena sinar yang sangat terang sekali, gerak lutut ketika di pukul dengan palu, hal-hal yang seperti ini di namakan perilaku yang spontan dan terjadi dengan sendirinya.

Posted by: Admin Indeks Prestasi Updated at: 21:23:00

Pengertian Perilaku Sosial


Pengertian Perilaku Sosial

indeksprestasi.blogspot.com - Manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain, dengan demikian manusia memperlukan pergaulan ( interaksi ) dengan yang lain. Begitu juga anak-anak memerlukan pergaulan yang tentunya positif serta dapat mengembangkan dan menimbulkan rasa percaya diri, sehingga anak dapat menyelaraskan keadaan yang terjadi pada dirinya. Perilaku sosial manusia dapat di lihat ketika manusia itu berinteraksi dengan manusia yang lain,banyak hal yang melatar belakangi manusia itu berinteraksi dan berperilaku social. Untuk lebih jelasnya tentang pengertian perilaku sosial dibawah ini menurut para ahli diantara lain :

Posted by: Admin Indeks Prestasi Updated at: 21:14:00

SINKRONISASI 2 ARAH DAPODIKDAS 2014 – PERUBAHAN DATA SERVER dan APLIKASI DAPODIK MENGGUNAKAN MEKANISME SYNC

Saat ini synchronisasi sudah dibuka 2 arah, insert NISN , perbaikan nama sekolah dan lain-lain yang berubah di server sudah dapat diambil perubahan datanya melalui mekanisme sync. kedua, saat ini replikasi tabel untuk P2TK Dikdas sudah realtime, tinggal menunggu updating validasi Info PTK.


Selanjutnya UN berbasis Dapodik dalam pembangunan sistem, jadi teliti kembali untuk siswa tingkat akhir kelengkapan dan kebenaran datanya. selanjutnya, tahap integrasi satuan pendidikan VervalSP sedang tahap matching, sehingga aliran dan siklus data perubahan / tambah / hapus sekolah tutup akan satu pintu.

Salam Satu Data Kemdikbud

Sumber referensi artikel : Bpk. Yusuf Rokhmat

Posted by: Admin Indeks Prestasi Updated at: 01:03:00

SOLUSI DATA PESERTA DIDIK TIDAK MUNCUL DAN SOLUSI GAGAL LOGIN VERVAL PD

Berikut solusi dari "Team Relawan VervalPD" bagi rekan-rekan Operator SD - SMP yang sudah input data Peserta Didik dalam aplikasi Dapodikdas 2014 dan sudah berhasil sync tapi tidak juga muncul / terupdate di VerValPD, silahkan input Nama Sekolah, NPSN, dan Waktu Sync Dapodikdas-nya di formulir ini…


Selain itu, berikut solusi untuk rekan-rekan Operator Sekolah dari SD - SMP yang masih gagal login Verval PD / SDM, namun sudah terdaftar di cek email aktif di SDM server, silahkan diisi di form berikut ini… Semoga bermanfaat dan terimakasih...

Posted by: Admin Indeks Prestasi Updated at: 23:06:00

Pengertian Prestasi Belajar


Pengertian Prestasi Belajar

indeksprestasi.blogspot.com - Pengertian Prestasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah hasil yang telah dicapai dari apa yang telah dilakukan, dikerjakan, diusahakan dan sebagainya (Badudu dan Zain, 2001: 1088). Hasil ini dapat dinyatakan dengan kuantitatif dan kualitatif. Hasil kuantitatif adalah hasil yang dinyatakan dengan angka. Sedangkan hasil kualitatif adalah hasil yang dinyatakan dengan kata-kata, seperti baik, cukup, sedang, kurang, dan lain-lain.

Posted by: Admin Indeks Prestasi Updated at: 21:14:00

DOWNLOAD SILABUS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMP KURIKULUM 2013 KELAS 7, 8, DAN 9

Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti adalah pendidikan yang memberikan pengetahuan dan membentuk sikap, kepribadian, dan keterampilan peserta didik dalam mengamalkan ajaran agama Islam, yang dilaksanakan sekurang-kurangnya melalui mata pelajaran pada semua jenjang pendidikan.

Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti menetapkan aqidah yang berisi tentang ke-Maha-Esaan Tuhan sebagai sumber utama nilai-nilai kehidupan bagi manusia dan alam semesta. Sumber utama lainnya adalah akhlak yang merupakan manifestasi dari aqidah. Selain itu, akhlak juga merupakan landasan pengembangan nilai-nilai karakter bangsa Indonesia.


Dengan demikian, karakter bangsa Indonesia didasarkan kepada nilai-nilai ke-Tuhanan Yang Maha Esa, yang merupakan inti dari sila-sila lain yang ada dalam Pancasila. Sila Ketuhanan Yang Maha Esa dapat mewujudkan nilai-nilai: kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan dan permusyawaratan, serta keadilan sosial bagi seluruh Indonesia. Dengan demikian, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti adalah pendidikan yang ditujukan untuk dapat menserasikan, menselaraskan dan menyeimbangkan antara Iman, Islam, dan Ihsan yang diwujudkan dalam:

a)   Hubungan Manusia dengan Pencipta ; Membentuk manusia Indonesia yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT serta berakhlak mulia dan berbudi pekerti luhur.

b)   Hubungan Manusia dengan Diri Sendiri ; Menghargai dan menghormati diri sendiri yang berlandaskan pada nilai-nilai keimanan dan ketakwaan.

c)  Hubungan Manusia dengan Sesama ; Menjaga kedamaian dan kerukunan hubungan inter dan antar umat beragama.

d) Hubungan Manusia dengan Lingkungan Alam ; Penyesuaian mental keislaman terhadap lingkungan fisik dan sosial.

Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti bertujuan untuk:

a) Menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang Agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT demi mencapai keselamatan dan kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat;

b) Mewujudkan peserta didik yang taat beragama, berakhlak mulia, berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, santun, disiplin, toleran, dan  mengembangkan budaya Islami dalam komunitas sekolah;

c)   Membentuk peserta didik yang berkarakter melalui pengenalan, pemahaman, dan pembiasaan norma-norma dan aturan-aturan yang Islami dalam hubungannya dengan Tuhan, diri sendiri, sesama, dan lingkungan secara harmonis; dan

d)   Mengembangkan nalar dan sikap moral yang selaras dengan nilai-nilai Islami dalam kehidupan sebagai warga masyarakat, warga negara, dan warga dunia.

Ruang lingkup Materi Pendidikan Agama Islam meliputi:

a)   Al-Quran - Al-Hadis,  yang menekankan pada kemampuan membaca, menulis, dan menterjemahkan serta menampilkan dan mengamalkan isi kandungan Al-Quran-Al-Hadits dengan baik dan benar;

b)  Akidah, yang menekankan pada kemampuan memahami dan mempertahankan keyakinan, menghayati, serta meneladani dan mengamalkan sifat-sifat Allah dan nilai-nilai keimanan dalam kehidupan sehari-hari;

c)   Akhlak dan Budi Pekerti, yang menekankan pada pengamalan sikap terpuji dan menghindari akhlak tercela;

d)   Fiqih, yang menekankan pada kemampuan untuk memahami, meneladani dan mengamalkan ibadah dan mu’amalah yang baik dan benar; dan

e)   Sejarah Peradaban  Islam, yang menekankan pada kemampuan mengambil pelajaran (ibrah) dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh muslim yang berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena-fenomena sosial, untuk melestarikan dan mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.

Berikut links download Silabus PAI dan Budi Pekerti SMP Kelas VII, VIII, dan IX Kurikulum 2013:




Untuk download langsung Silabus Pendidikan Agama, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan Kong Hu Cu, silahkan klik pada links berikut. Dan untuk download Silabus mata pelajaran lengkap lain untuk jenjang SMP / MTs Kurikulum 2013 silahkan klik di sini. Semoga bermanfaat dan terimakasih...

Posted by: Admin Indeks Prestasi Updated at: 01:52:00

CARA INPUT PENILAIAN KINERJA GURU (PKG) OLEH KEPALA SEKOLAH DI PADAMU NEGERI 2014

Sebelum kepala sekolah dapat melakukan Penilaian Kinerja Guru (PK Guru) di Padamu Negeri, maka guru-guru pada sekolah bersangkutan harus sudah mengupdate portofolio PTK bagian Riwayat Mengajar di Semester 1 TP 2014/2015, sudah diajukan ke Dinas Pendidikan Kota/Kab dan disetujui (menerima S13).

Berikut cara input penilaian kinerja guru (PK Guru) di Padamu Negeri yang dilakukan oleh Kepala Sekolah :

1.   Login PTK oleh Kepala Sekolah.

2.   Klik pada tombol "PKG Guru".


3.   Setelah masuk pada bagian "Status Penilaian Kinerja Guru di Sekolah Anda", pilih "Nilai Sekarang".


4.  Silahkan dilakukan penilaian kinerja guru baik untuk PK Guru Mapel/Kelas, PK Guru BK, maupun PK Guru Tugas dengan klik pada tombol "Mulai Menilai"


Untuk selanjutnya masing-masing PTK akan dapat melihat hasil PK Guru masing-masing melalui login PTK di Padamu Negeri. Semoga bermanfaat dan terimakasih…

Posted by: Admin Indeks Prestasi Updated at: 23:39:00