(KODE PTK-0028X) : TESIS PTK PEMBELAJARAN DIMENSI TIGA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X 7 SMAN X (MATA PELAJARAN : MATEMATIKA)
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Sering kita jumpai jika anak ditanya pelajaran apa yang paling tidak disukai jawabannya adalah matematika, pelajaran apa yang paling memusingkan adalah matematika, guru apa yang paling dibenci adalah guru matematika dan sebagainya. Maka berdasarkan fenomena tersebut dari sekian rangkaian proses pembelajaran matematika jelas ada sesuatu yang salah, pengamatan kami terhadap proses pembelajaran matematika siswa kelas X 7 SMA Negeri X ditemukan data bahwa sebagian siswa memiliki motivasi dan kemampuan yang rendah, khususnya dalam menguasai materi dimensi tiga. Pada sebagian siswa yang lain dimana mereka sebenarnya menyenangi pelajaran matematika, namun pada saat mempelajari materi dimensi tiga menjadi malas dan bahkan semangat belajarnya berkurang. Hal itu dapat berpengaruh pada proses belajar mereka di kelas berikutnya.
Rendahnya mutu pendidikan di Indonesia dapat dilihat dari rendahnya prestasi belajar siswa, terutama pada mata pelajaran yang dianggap sulit seperti matematika, fisika, dan bahasa inggris. Salah satu pokok bahasan dalam mata pelajaran matematika yang diberikan ditingkat SMA pada kelas X semester II adalah dimensi tiga. Banyak siswa menganggap materi tersebut sukar dipahami terutama untuk menggambar dan memahami bagian-bagian bangun ruang, karena siswa dituntut untuk dapat berfikir abstrak.
Pelaksanaan kegiatan balajar mengajar belum dapat berjalan secara maksimal karena dipengaruhi beberapa faktor, antara lain: 1) tuntutan materi pelajaran yang cukup padat dan alokasi waktu yang terbatas, membuat guru lebih mementingkan mengejar materi, 2) guru kurang memanfaatkan penggunaan media pembelajaran disebabkan mereka belum mengetahui keuntungan/manfaat yang diperoleh dari penggunaan media dalam pelaksanaan belajar mengajar. Keuntungan yang diperoleh dengan menggunakan media secara efektif yakni mempercepat proses belajar mengajar dan membantu memudahkan siswa dalam menangkap pengertian yang diberikan guru, memperbesar perhatian siswa, memberikan pengalaman-pengalaman yang tidak mudah diperoleh dengan cara yang lain serta membantu berkembangnya efisiensi yang lebih mendalam serta keragaman yang lebih banyak dalam mengajar.
Guru harus bisa memilih media yang tepat dan menarik saat mengajar. Media Pembelajaran yang menarik bagi siswa dapat dilakukan dengan mengetahui bagaimana karakteristik siswa tersebut, sehingga dengan mengetahui karakteristik siswa maka kita dapat menentukan media yang tepat digunakan dalam proses belajar mengajar. Penggunaan media yang sesuai akan membuat siswa tertarik dan senang dengan pelajaran yang kita berikan sehingga akan timbul dorongan dari dalam diri siswa untuk belajar.
Sebagai guru matematika, peneliti berupaya untuk mengatasi masalah tersebut dengan melakukan beberapa inovasi dalam pembelajaran guna untuk mencari solusi terhadap kesulitan para siswa yang selama ini memiliki motivasi dan kemampuan rendah, maupun mereka yang memiliki kemauan belajar tinggi namun setelah mereka mempelajari materi dimensi tiga menjadi kendor.
Munculnya permasalahan dalam pembelajaran matematika tersebut dipengaruhi oleh faktor dari dalam maupun dari luar siswa. Faktor yang mempengaruhi dari dalam diri siswa antara lain: motivasi, intelegensi, kreativitas, dan gaya belajar siswa. Sedangkan faktor dari luar diri siswa mungkin metode yang digunakan guru dalam menyampaikan materi kurang tepat. Guru masih menggunakan metode konvensional. Guru hanya mentransfer pengetahuan kepada murid secara satu arah, siswa belajar hanya dengan mendengarkan dan mencatat pelajaran, siswa tidak memahami konsep karena siswa hanya menghafal rumus sehingga tidak ada kebermaknaan dalam mempelajari materi tersebut yang sebenarnya banyak aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu diperlukan suatu inovasi pembelajaran yang dapat mengakomodir kebutuhan siswa tersebut, salah satunya dengan penerapan metode pembelajaran yang tepat.
Dengan fenomena semacam itu dibutuhkan suatu model pembelajaran yang tepat untuk memecahkan kebuntuan yang selama ini terjadi, yaitu sulitnya para siswa dalam memahami materi dimensi tiga. Salah satu model pembelajaran yang dinilai sesuai adalah model pembelajaran menggunakan media pembelajaran. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran tersebut untuk meningkatkan prestasi siswa dalam memahami materi dimensi tiga.
Untuk mengatasi problem tersebut akan digunakan model pembelajaran menggunakan media pembelajaran, karena memiliki beberapa kelebihan yaitu: (1) efisiensi waktu pembelajaran karena siswa dapat menghayati secara langsung secara visual lewat alat peraga yang digunakan, 2) meningkatkan motivasi belajar karena setiap siswa merasa berkesempatan untuk memahami lebih mendalam dengan vasilitas multi media, 3) memberi kesempatan pada siswa untuk menjelaskan pemahamannya baik secara verbal maupun visual sehingga mereka akan lebih memahami materi yang dpelajari, dan 4) memberi kesempaatan melakukan inovasi dalam memberdayakan multi media dalam pembelajaran.
Indikator keberhasilan penelitian ini adalah 75% siswa memiliki kemampuan pemahaman dalam menguasai materi dimensi tiga dan mendapatkan nilai tes formatif > 60.
B. Rumusan masalah
Berdasarkan latar belakang tersebut dapat peneliti rumuskan masalahnya sebagai berikut:
1. Apakah melalui penggunaan media pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar dimensi tiga pada siswa kelas X 7 SMA Negeri X Tahun Pelajaran XXXX/XXXX?
2. Apakah melalui penggunaan media pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar dimensi tiga pada siswa kelas X SMA Negeri X Tahun Pelajaran XXXX/XXXX?
C. Tujuan Penelitian
Berdasarkan perumusan masalah tersebut, tujuan penelitian ini adalah:
1. Untuk mendeskripsikan upaya meningkatkan motivasi belajar dimensi tiga pada siswa kelas X 7 SMA Negeri X Tahun Pelajaran XXXX/XXXX.
2. Untuk mendeskripsikan upaya meningkatkan prestasi belajar dimensi tiga pada siswa kelas X 7 SMA Negeri X Tahun Pelajaran XXXX/XXXX.
D. Manfaat Penelitian
Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini diharapkan dapat memiliki manfaat teoritis maupun praktis sebagai berikut:
1. Manfaat Teoritis:
Hasil penelitian ini secara teoritis diharapkan bermanfaat:
a. Dapat memberikan kontribusi keilmuan yang bermanfaat dalam dunia pendidikan mengenai penggunaan media pembelajaran dalam upaya meningkatkan prestasi belajar.
b. Dapat menjadi bahan pembanding, pertimbangan, dan pengembangan bagi penelitian di masa yang akan datang di bidang dan permasalahan sejenis.
2. Manfaat Praktis
Hasil penelitian ini secara praktis diharapkan bermanfaat untuk:
a. Siswa:
Mendapatkan kemudahan dalam belajar dan memahami materi dimensi tiga yang disampaikan oleh guru.
b. Guru
Sebagai masukan bagi guru bidang studi matematika dalam menentukan media pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan materi pelajaran yang bersangkutan, dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswanya.
c. Sekolah:
Sebagai masukan bagi sekolah bahwa dengan adanya media pembelajaran akan meningkatkan prestasi belajar siswa dengan demikian sangat bermanfaat bagi sekolah dalam hubungannya dengan kelulusan siswa.
d. Peneliti:
Menambah wawasan tentang media dan metode dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah.
Post a Comment