Jakarta, Kemdikbud --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan, salah satu pentingnya pendidikan karakter adalah untuk mengantisipasi masuknya pemikiran-pemikiran atau ideologi yang tidak sesuai dengan ideologi bangsa Indonesia. Ia mengatakan, untuk melawan suatu ideologi harus menggunakan domain pikiran atau ideologi juga, bukan dengan kekerasan fisik.
Salah satu cara yang ditempuh Kemdikbud untuk memperkuat ideologi kebangsaan anak Indonesia adalah melalui mata pelajaran yang sarat dengan pendidikan karakter, seperti Agama, PPKn dan Sejarah. Mendikbud mengatakan, rasa cinta terhadap tanah air juga harus ditanamkan sejak dini kepada anak-anak Indonesia.
"Kalau dari kementerian (Kemdikbud), di Kurikulum 2013 nanti pelajaran agama kita revitalisasi, PPKN kita benahi dan sejarah kita perkuat lagi untuk antisipasi pikiran-pikiran yang tidak sesuai dengan ideologi kita," ujar Mendikbud usai pertemuan dengan Panglima TNI Moeldoko di kantor Kemdikbud, Jakarta, (06/08/2014).
Ia menjelaskan, dalam Kurikulum 2013, pelajaran sejarah tidak lagi menekankan pada hafalan teoritis yang semata, melainkan pemahaman yang bersifat lebih dinamis. "(Pelajaran) sejarah lebih ke arah nilai perjalanan bangsa supaya memahami nilai-nilai yang kita tanami seperti apa. Dari situ, kita bentengi pemahaman dan pikiran. Begitu juga dengan Pancasila yang harus dikemas pelajarannya dalam bentuk nilai dinamis, sehingga bisa dipakai menjawab masalah kekinian," katanya.
Mendikbud juga menuturkan, saat ini pelajaran sejarah dalam Kurikulum 2013 bukan hanya berisi pengetahuan tentang sejarah, tetapi dipakai sebagai bagian dari pendidikan karakter. Saat mempelajari sejarah, peserta didik tidak hanya mempelajari masa lalu, melainkan ada tiga dimensi waktu, yaitu masa lalu, masa sekarang, dan masa depan, sehingga peserta didik dapat melihat nilai-nilai yang terkandung dalam perjalanan suatu bangsa. (Desliana Maulipaksi)
Related Post
kurikulum 2013- PRINSIP PEMBELAJARAN DENGAN STANDAR KOMPETENSI LULUSAN DAN STANDAR ISI PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
- KOMPONEN SILABUS, RPP, DAN PRINSIP PENYUSUNAN RPP PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
- KETENTUAN PELAKSANAAN PROSES DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013
- PENILAIAN PEMBELAJARAN DAN PENGAWASAN PROSES PEMBELAJARAN PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
- METODE PENGAJARAN KURIKULUM 2013 MENGGUNAKAN METODOLOGI PENGAJARAN PARTISIPATORIS
- PERAN & TUGAS MENGAJAR GURU TIK DAN GURU KKPI PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
- PENGERTIAN, TUJUAN, DAN KARAKTERISTIK KURIKULUM 2013
- LANDASAN FILOSOFIS, SOSIOLOGIS, PSIKOPEDAGOGIS, TEORITIS, DAN YURIDIS PADA KURIKULUM 2013
- KURTILAS DIPUTUSKAN UNTUK DILANJUTKAN, DENGAN EVALUASI, ATAU DITUNDA PELAKSANAANNYA
- KOMPETENSI DASAR DAN KOMPETENSI INTI KURIKULUM 2013 SD/MI TERBARU (PERMENDIKBUD NOMOR 57 TAHUN 2014 TENTANG KURIKULUM 2013 SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH )
- DAFTAR TEMA KURIKULUM 2013 SD/MI LENGKAP – INTEGRASI INTRADISIPLINER, INTERDISIPLINER, MULTIDISIPLINER, DAN TRANSDISIPLINER
- KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KESIAPAN GURU SMA DALAM MENDUKUNG IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
- CONTOH INDIKATOR PENILAIAN KOMPETENSI SIKAP SPIRITUAL DAN SIKAP SOSIAL PADA KURIKULUM 2013
- INDIKATOR PENILAIAN KOMPETENSI PENGETAHUAN PADA KURIKULUM 2013
- BUKU PELAJARAN TAHUN 2014 DIAMBIL DARI DANA BOS DAN DAK
- CONTOH JADWAL PELAJARAN KURIKULUM 2013 SD TAHUN PELAJARAN 2014/2015
- PEDOMAN PENILAIAN DAN MATERI PENDAMPINGAN KURIKULUM 2013 LENGKAP
- KLINIK KURIKULUM 2013, KLINIK GURU UNTUK KONSULTASI PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013
Post a Comment