Cari Kategori

SOLUSI GAGAL LOGIN VERVAL PD / PESERTA DIDIK TP. 2014 – 2015

Alhamdulillah… Sahabat operator Dapodikdas tahun pelajaran 2014/2015. Sebagian dari kita sudah ada yang tidak memerlukan registrasi ulang sebagai operator sekolah pada laman verval peserta didik, namun sebagian lainnya masih belum berhasil verval PD dikarenakan proses registrasi ulangnya belum sukses.

Berikut solusi terbaru yang telah dishare oleh Rekan saya Sdr. Saipul Hendra, bahwasannya untuk dapat akses laman verval pd tersebut kita dapat menggunakan username serta password yang pernah digunakan sekolah pada tahun pelajaran 2012/2013 maupun tahun pelajaran 2013/2014 sebelumnya.

Namun cara termudah adalah dengan segera menyelesaikan proses input data pada aplikasi Dapodikdas 2014 pada versi 3.0.0 kali ini, kemudian lakukan sinkronisasi. Setelah itu cek kembali pada laman VerVal PD di keesokan harinya (setelah 1 x 24 jam) dengan login menggunakan Username dan Password yang digunakan registrasi pada aplikasi Dapodikdas 2014 v.3.0.0 sebelumnya.

Dan jangan lupa, sebelum sinkronisasi dilakukan, silahkan selesaikan terlebih dahulu proses entry data-data pada aplikasi Dapodikdas v.3.0.0 seperti biasanya, khususnya data-data peserta didik baru kelas 1 SD maupun kelas 7 SMP serta peserta didik pindahan baru. Sehingga data peserta didik yang baru tersebut terlebih belum mempunyai NISN dapat terakomodir keseluruhannya pada VerVal PD yang akan kita selesaikan pada tahapan selanjutnya (proses penerbitan NISN). Semoga berhasil dan terimakasih…

Referensi artikel : Sdr. Saipul Hendra – SDN 149/VIII Muara Tebo

Posted by: Admin Indeks Prestasi Updated at: 12:26:00

KEBIJAKAN PROGRAM PEMBANGUNAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN TAHUN 2015

Mengacu pada capaian pembangunan Kemdikbud tahun 2010-2014, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, mempersiapkan delapan arah kebijakan program pembangunan pendidikan dan kebudayaan (Dikbud) tahun 2015. Arah Kebijakan dipersiapakan untuk menjamin keberlanjutan program dan kegiatan pembangunan Dikbud periode 2010-2014 ke periode 2015-2019.

Hal tersebut disampaikan oleh Mendikbud pada rapat kerja (Raker) dengan DPR RI, di ruang rapat Komisi X, gedung Nusantara I DPR RI, Jakarta, Kamis (21/08/2014). Delapan arah kebijakan program pembangunan pendidikan dan kebudayaan tahun 2015 adalah sebagai berikut :

1.   Meningkatkan akses dan kualitas PAUD, pendidikan nonformal dan informal.

2.  Meningkatkan akses.Peningkatan akses ini terutama pada daerah yang memiliki APK kurang dari 75 persen, dan kualitas wajib belajar pendidikan dasar sembilan tahun yang merata.

3.  Meningkatkan akses, kualitas dan relevansi pendidikan menengah universal (PMU), termasuk pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) dan Unit Sekolah Baru (USB).

4.  Meningkatkan akses, kualitas, relevansi dan daya saing Perguruan Tinggi, termasuk penyediaan BOPTN, pendirian PTN baru, dan pembangunan akademi komunitas.

5. Menyediakan, meningkatkan kualifikasi dan profesionalisme, pemerataan distribusi, dan peningkatan kesejahteraan PTK. “Arah kebijakan ke lima sangat penting untuk menghasilkan SDM yang berkualitas dalam dunia pendidikan,” tutur Mendikbud.

6.  Penuntasan implementasi kurikulum 2013, termasuk pengadaan buku dan pelatihan guru.

7.  Pengembangan, perlindungan, dan pemanfaatan warisan budaya dan bahasa dalam penguatan karakter bangsa serta peningkatan apresiasi masyarakat terhadap keberagaman bahasa, seni, dan budaya.

8. Penguatan tata kelola yang berbasis pada kualitas anggaran (performance based budgeting), dan reformasi birokrasi untuk meningkatkan akuntabilitas, efisiensi, dan efektivitas manajemen pelayanan pendidikan dan kebudayaan.

Referensi artikel : Kemdikbud RI

Posted by: Admin Indeks Prestasi Updated at: 12:21:00

CARA PENGISIAN DATA PTK DAN TAMBAHAN YANG DIAKUI DAPODIKDAS 2014 UNTUK VALIDASI TUNJANGAN SERTIFIKASI GURU

Berikut informasi terbaru tentang Validasi data-data PTK pada aplikasi Dapodikdas 2014 v.3.0.0 oleh Bpk. Asyarudin MT. P2TK Dikdas – Kemdikbud RI

 
1.   Nama : sesuai dengan ijazah, tanpa gelar. Gelar pada kolom tersendiri.
2.   Tgl. Lahir : sesuai dengan akta kelahiran/Ijazah
3.   Nama ibu : tanpa gelar (alm/hj./dll)
4.   Status Kepegawaian harus diisi lengkap.
·       Status CPNS/PNS/GTY/GTT
·       Sumber gaji : Yayasan/APBD/Sekolah
·       Lembaga Pengangkat
·       No SK harus diisi dengan benar
·       NIP Baru (jika sudah ada)

Sekolah Induk

1. Centangan Sekolah Induk Harus diisi jika sekolah tsb adalah sekolah induk/pangkal PTK yang bersangkutan.
2.   Sekolah Induk hanya diperbolehan satu (1) untuk setiap PTK walau mengajar di beberapa sekolah
3. Jika Sekolah Induk tidak dicentang atau lebih dari 1 sekolah induk yang dicentang maka data PTK ybs dianggap TIDAK VALID
4.   Jam mengajar minimal 6 jam pada Sekolah Induk, termasuk Kepala Sekolah.

Tugas Tambahan yang diakui Dapodikdas 2014 :

A.  SD

1.   1 (satu) Kepala Sekolah

B.  SMP

1.   1 Kepala Sekolah
2.   1-3 Wakil Kepala Sekolah
• 1 sd 9 Rombel : 1 Wakasek
• 10 sd 18 Rombel : 2 Wakasek
• >18 Rombel : 3 Wakasek
3.   1 Kepala Laboratorium
4.   1 Kepala Perpustakaan

VALIDASI TUGAS TAMBAHAN DAPODIKDAS 2014

1.   Tanggal Mulai Tugas (TMT) harus diisi dan Valid
2.   Tanggal Selesai Tugas (TST) harus diisi jika sudah tidak menjabat
3.   No SK Harus diisi dengan benar
4.Tugas Tambahan yang diakui adalah Tugas Tambahan pada Sekolah Induk/pangkal.
5.   Jumlah Guru dengan Tugas Tambahan yang sama dalam satu sekolah tidak boleh melebihi ketentuan.
6.   Jika Tugas Tambahan tidak valid maka Jumlah Jam Tugas Tambahan tidak diakui (= 0 jam)

Posted by: Admin Indeks Prestasi Updated at: 12:18:00

ALUR PADAMU NEGERI 2014 PROSES KEAKTIFAN PTK, KEPALA SEKOLAH, DAN PENGAWAS TAHUN 2014

Sehubungan dengan proses keaktifan bagi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan pada situs Padamu Negeri Kemdikbud pada semester 1 tahun pelajaran 2014/2015, berikut informasi terkait alur kegiatan Padamu Negeri 2014 yang saya share dari laman Facebook Padamu Negeri Kemdikbud sebagai berikut :

ALUR PADAMU NEGERI 2014 PROSES KEAKTIFAN PTK, KEPALA SEKOLAH, DAN PENGAWAS TAHUN 2014

Mulai 8 September 2014 akan diterapkan alur proses terpadu di sistem Padamu Negeri sebagaimana gambar terlampir sebagai bahan referensi pengguna. Bisnis Proses Padamu Negeri dirancang aturannya saling terkait oleh sistem (Rules by System) agar lebih terjamin integritas aliran datanya.

Padamu Negeri akan selalu berupaya mengembangkan secara kontinue dalam penyediaan sistem yang lebih cepat, nyaman, mudah, akurat, terpadu dan akuntabel. Mari bersama kita tingkatkan Mutu Pendidikan Indonesia secara berkesinambungan mulai saat ini dan masa depan bersama Padamu Negeri.

Salam Padamu Negeri Indonesiaku - Admin Pusat - BPSDMPK-PMP Kemdikbud

Posted by: Admin Indeks Prestasi Updated at: 12:09:00

INPASSING GURU NON PNS TAHUN 2014 (KESETARAAN JABATAN DAN PANGKAT GBPNS)

Berikut informasi tentang kesetaraan jabatan dan pangkat bagi guru bukan PNS (GBPNS) tahun 2014 yang bertugas pada satuan pendidikan dasar (SD, SMP, SLB), dan informasi ini khusus untuk Rekan-rekan guru non/bukan PNS yang belum memiliki SK Inpasing.


Mulai bulan September tahun 2014, penyetaraan jabatan dan pangkat bagi guru bukan PNS (dulu inpassing) telah dibuka Dirjen Dikdas.

Namun pemberkasan tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, tetapi dengan pola pemanggilan yang surat pemanggilannya bisa di lihat pada lembar Info PTK pada http://223.27.144.195:8081.

Apabila sudah masuk dalam daftar antrian silahkan download dan print lalu sertakan pada berkas yang sudah di persyaratkan dalam surat panggilan tersebut.

Ingat..! Jangan pernah mengirim berkas apabila tidak terdapat pada daftar panggilan dan proses penyetaraan jabatan dan pangkat bagi guru bukan PNSGRATIS

Referensi artikel : Bpk. Ibnu Aditya Karana

Posted by: Admin Indeks Prestasi Updated at: 11:57:00

CARA CETAK SURAT AKUN LOGIN PADAMU NEGERI 2014 UNTUK PENGISIAN EDS SISWA

Untuk mendapatkan hak akses / login di Padamu Negeri bagi siswa ataupun orang tua / wali untuk mengisi EDS Siswa Padamu Negeri 2014 diperlukan Siswa ID, Password, dan juga Kode Akses Ortu/Wali yang didapatkan dari admin sekolahnya masing-masing berupa Surat Akun Login Siswa.

Berikut cara cetak Surat Akun Login Siswa Padamu Negeri 2014 sebagai berikut :

1.   Login Admin / Operator Sekolah ==> "Padamu Sekolah" .



2.   Klik “Padamu Sekolah” ==> “Siswa & Alumni” ==> “Siswa”, kemudian pada Profil Siswa pilih “Daftar Siswa”.


3.   Pada daftar siswa, silahkan pilih salah satu siswa, klik tanda aksi dropdown lalu pilih “Cetak Tanda Bukti Akun”.


4.   Selesai.

Untuk selanjutnya print out tersebut berupa Surat Akun Login Siswa yang akan digunakan siswa maupun orang tua salah satunya untuk login dan mengisi EDS Siswa Padamu Negeri dengan langkah-langkah menuju EDS Siswa dan Aktivasi akun orang tua / wali. Semoga bermanfaat dan terimakasih...

Posted by: Admin Indeks Prestasi Updated at: 11:50:00

SOLUSI GAGAL AKTIVASI LOGIN OPERATOR SEKOLAH DENGAN EMAIL DI PADAMU NEGERI

Sahabat Operator Sekolah yang kebetulan mendapatkan tugas untuk mengelola data-data sekolahnya di Padamu Negeri 2014. Berikut saya share cara untuk mengatasi gagal dalam menambahkan email walaupun tidak gagal 100%, tapi belum berhasil untuk login pada halaman pengelolaan Padamu Negeri sehingga dapat muncul tampilan-tampilan untuk mengelola Padamu Sekolah :


1.   Login di Padamu Negeri menggunakan Login Admin/Operator Sekolah.
2.   Kelola grup admin lalu tambah Admin.
3.   Jika keluar beberapa peringatan di antaranya :
a.   Email sudah terdaftar.
b.   Aplikasi gagal mengenali Email tersebut, dan
c.   Aplikasi telah menemukan Admin Sekolah dengan Email tersebut.
d.   Dan sebagainya.

Oke langsung saja, berikut solusinya :

Daftarkan email dan lengkapi data diri yang akan digunakan untuk login sebagai operator sekolah di sini https://paspor.siap-online.com/registrasis.d. tuntas.

1.   Buka tautan untuk kode aktifasi di kotak masuk email Anda.


2.   Sign out / keluar dari halaman tersebut.
3.   Login ke Padamu Negeri dengan login Admin / Operator Sekolah.
4.   Klik pada “Kelola Akun Institusi”.


5.   Kelola Grup Admin, lalu klik icon tambah (“+”).
6.   Masukkan email yang sudah didaftarkan berhasil pada no. 1 di atas.
7.   Copy Kode Aktivasi yang ada pada “Surat Pemberitahuan Akses Layanan” atau Form S01c yang didapatkan setelah tambah email Admin yang baru tadi berhasil.


8.   Sign Out, lalu paste login Admin / Operator Sekolah menggunakan email tersebut dengan password yang baru Anda daftarkan pada no. 1 di atas.
9.   Setelah masuk ke halaman kelola sekolah, klik pada “Padamu Sekolah”, setelah masuk di kelola sekolah, Anda akan diminta Token aktivasi, paste kode pada no. 8 di atas di kolom tersebut.


10. Selesai.

Selamat bertugas dan terimakasih…

Posted by: Admin Indeks Prestasi Updated at: 11:44:00