Prinsip-prinsip Bimbingan Belajar
Tugas guru disekolah banyak sekali, ia
harus membuat perencanaan pengajaran yang sistematis, terinci untuk setiap
pelajaran yang ia berikan. Berdasarkan rencana tersebut guru melaksanakan
pengajaran dan membuat evaluasi atas proses dan hasil pengajaran yang telah
dilaksanakan. Didalam pelaksanaan pengajaran tugas guru bukan hanya memberikan
pelajaran, tetapi juga harus memberikan bimbingan belajar kepada siswa yang
lambat agar perkembangannya sejajar dengan yang lain. Maka yang normal dan
cepat belajar pun tetap memerlukan bimbingan dari guru agar ia mencapai
perkembangan yang sesuai dengan kemampuannya. Dalam memberikan bimbingan
belajar guru hendaknya memperhatikan beberapa Prinsip-prinsip Bimbingan Belajar :
- Bimbingan belajar diberikan kepada semua siswa. Semua siswa baik yang pandai, cukup, ataupun kurang membutuhkan bimbingan dari guru, sebab secara potensial semua siswa bisa mempunyai masalah. Masalah yang dihadapi oleh siswa pandai berbeda dengan siswa cukup dan juga siswa kurang.
- Sebelum memberikan bantuan, guru terlebih dahulu harus berusaha memahami kesulitan yang dihadapi siswa, meneliti faktor-faktor yang melatarbelakangi kesulitan tersebut. Setiap masalah atau kesulitan mempunyai latarbelakang tertentu yang berbeda dengan masalah lain atau pada siswa yang lainnya.
- Bimbingan belajar yang diberikan guru hendaknya disesuaikan dengan masalah serta faktor-faktor yang melatarbelakanginya, bantuan hendaknya disesuaikan dengan jenis masalah serta tingkat kerumitan masalah.
- Bimbingan belajar hendaknya menggunakan teknik yang bervariasi. Karena perbedaan individual siswa, perbedaan jenis dan kerumitan masalah yang dihadapi siswa, perbedaan individual guru serta kondisi sesaat, maka dalam memberikan bimbingan belajar guru hendaknya menggunakan teknik bimbingan yang bervariasi.
- Dalam memberikan bimbingan belajar hendaknya guru bekerja sama dengan staf sekolah lain. Bimbingan belajar merupakan tanggung jawab semua guru serta staf sekolah lainnya. Agar bimbingan berjalan efektif dan efisien diperlukan kerjasama yang harmonis antara staf sekolah dalam membantu mengatasi kesulitan siswa.
- Orang tua adalah pembimbing belajar siswa dirumah. Penanggung jawab utama siswa adalah orang tuanya. Karena keterbatasan kemampuannya, orang tua melimpahkan sebagian dari tanggung jawabnya kepada sekolah, tetapi tidak berarti mereka lepas sama sekali dari tanggung jawab tersebut. Orang tua dituntut untuk memberikan bimbingan belajar di rumah. Agar ada keserasian antara bimbingan belajar yang diberikan guru disekolah dengan orang tua dirumah maka diperlukan kerjasama antara kedua belah pihak.
- Bimbingan belajar dapat diberikan dalam situasi belajar di kelas, di laboratorium dsb, ataupun dalam situasi-situasi khusus (konsultasi) baik di sekolah ataupun di luar sekolah. Bimbingan belajar diberikan pada saat pelajaran berlangsung, yaitu saat mengerjakan tugas-tugas atau latihan, saat diskusi kelas, praktikum dll. Bimbingan juga dapat diberikan diluar jam pelajaran, sebelum pelajaran dimulai, setelah pelajaran selesai atau sore hari, disekolah ataupun di rumah.
Untuk mengoptimalkan perkembangan
belajar siswa, maka perlu diberikan bimbingan belajar. Pelaksanaan bimbingan
belajar sebaiknya digunakan Prinsip-prinsip
Bimbingan Belajar dan teknik-teknik bimbingan yang biasa dipakai
dalam bimbingan dan konseling. Penerapan prinsip dan teknik bimbingan dan
konseling. Banyak masalah belajar yang dihadapi oleh para siswa disekolah,
seperti: prestasi belajar rendah, motivasi belajar rendah, ketidakstabilan emosi
dan lain-lain. Masalah-masalah tersebut dapat dilatar belakangi oleh faktor
internal maupun eksternal. Maka untuk membantu mengatasi masalah-masalah
tersebut diberikan berbagai jenis bimbingan belajar. Bimbingan belajar
diberikan dalam bentuk layanan pengumpulan data, pemberian informasi,
konseling, bimbingan kelompok serta upaya-upaya tindak lanjut. Bimbingan
belajar yang diberikan bisa menggunakan pendekatan pengembangan dalam rangka
mengembangkan potensi-potensi dan kekuatan yang dimiliki oleh siswa
Banyak sekali kemungkinan masalah yang
dihadapi oleh para siswa disekolah. Masalah pendidikan dan pengajaran meliputi
kesulitan dan hambatan-hambatan dalam penyesuaian tugas-tugas kurikulum dan
perkembangan belajar. Masalah belajar merupakan inti dari masalah pendidikan
dan pengajaran, karena belajar merupakan kegiatan utama dalam pendidikan dan
pengajaran. Semua upaya guru dalam pendidikan dan pengajaran diarahkan agar
siswa belajar, sebab melalui kegiatan belajar ini siswa dapat berkembang lebih
optimal. Perkembangan belajar siswa selalu berjalan lancar dan memberikan hasil
yang diharapkan. Adakalanya mereka mengahadapi berbagai kesulitan atau
hambatan. Kesulitan atau hambatan dalam belajar ini dimanifestasikan dalam
beberapa gejala masalah, seperti prestasi belajar rendah, kurang atau tidak ada
motivasi belajar, belajar lambat, berkebiasaan kurang baik dalam belajar, sikap
yang kurang baik terhadap pelajaran, guru maupun sekolah.