Cari Kategori

JUKNIS / MANUAL APLIKASI DAPODIKDAS 2015

Alhamdulillah…, pada pendataan Dikdas via online pada tahun pelajaran 2014/2015 kali ini, petunjuk teknis atau manual aplikasi Dapodikdas 2014 versi 3.00 telah dirilis bersamaan dengan installer aplikasi Dapodikdas 2014 yang relatif lengkap dan jelas karena telah disertai gambar pada setiap sub bahasannya.

Berikut ringkasan Manual Aplikasi Dapodikdas versi 3.0.0 :

1. Dapodikdas versi 3.00 merupakan keberlanjutan sistem aplikasi sebelumnya 2.08, dengan mekanisme prefill baru, maka data isian tahun ajaran 2013/2014 akan menjadi data awal di aplikasi versi 3.00 (tahun ajaran 2014/2015).

2. Sebelum instalasi versi 3.00, uninstall aplikasi sebelumnya (2.08) dan mengunduh prefill terbaru. di http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/laman/prefill. Prefill tsb adalah hasil pemutakhiran generate nasional per tanggal 25 Juli 2014. Prefill lama tidak dapat digunakan.

3. Kode registrasi tetap (sama dengan periode pendataan sebelumnya), prefill berubah (Baca bagian 5) prosedur instalasi (baca Bagian 3 dan 4).

4. Versi 3.00 akan expired di bulan Desember untuk membatasi pengisian 20141 (semester 1 tahun ajaran 2014) dan untuk memunculkan pengisian semester 2 (20142).

5.   Pilihan Semester yang dapat dipilih di versi 3.00.
1.   Semester 1 Tahun ajaran 2014 (20141) sebagai Default
2.   Semester 1 Tahun ajaran 2013 (20131)
3.   Semester 2 Tahun ajaran 2013 (20132)

6.   Tahapan input data : pelajari flowchart di bawah

7.   Fitur fitur tambahan :
-     Bantuan : Penjelasan isian butir pertanyaan.
-     Lanjutan data periodik : melanjutkan data yang berkaitan dengan masa periode semester.
-     Naik Kelas : kenaikan kelas otomatis dengan asumsinya peserta didik tidak di acak di kelas barunya.
-     Lulus : untuk meluluskan seluruh peserta didik tingak 9 SMP atau kelas 6 SD secara massal
-   Action Menu : memunculkan data terhapus dan memunculkan data terfilter , salin penugasan dan lanjutkan data periodik peserta didik.

8.   Fasilitas generate ulang prefill : fitur ini dapat dianalogikan sebagai “simpan lokal” di server. Jika akan berpindah-pindah komputer gunakan fasilitas ini. (baca bagian 12 Generate prefill).

9.     Penguncian nama dan tanggal lahir PD dan PTK. Hal ini dimaksudkan agar record yang sudah ada tidak di re-use untuk PD/PTK lain.

10.  Web yang terafiliasi :
-    http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id: untuk memeriksa progress pengiriman sekaligus cek kelengkapan dan kecocokan data di lokal.
-     http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/prefill_final: fasilitas generate prefill “simpan lokal”.
-     http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id: untuk mendapatkan NISN dari dapodikdas.
-     http://sdm.data.kemdikbud.go.id: komunitas operator dapodik.
-     https://www.facebook.com/groups/infopendataan.dikdas: grup Facebook resmi dapodikdas.
-     http://223.27.144.195:8081/: laman LTD (Lapor Tunjangan Dikdas) atau info PTK.

11.  Baca kembali penjelasan rinci dari Direktorat P2TK Dikdas untuk pembagian jumlah jam mengajar dalam 1 Rombel sesuai kurikulum yang digunakan.

12. Peserta didik lulus, keluar atau PTK mutasi jangan di “HAPUS” tp registrasikan sesuai dengan keterangannya agar tersimpan sebagai data historical.


Penjelasan :

1.   Aplikasi 3.00 merupakan fresh installer, aplikasi 2.08 tidak dapat dipergunakan kembali. Langkah-langkah ini dimaksudkan urutan pengerjaan yang berurutan dan sistematis agar operator sekolah bekerja secara efektif dan efisien dalam mengoperasikan aplikasi.

2.  Unduh aplikasi dan prefill nya di laman http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id. Prefill ini adalah hasil generate nasional per tanggal 1 Agustus 2014, sehingga tidak perlu lakukan generate ulang prefill untuk pertama kalinya.

3.     Uninstall aplikasi lama 2.08. Sebelumnya, unduh profil sekolah dll sebagai arsip.

4.     Lengkapi isian tabel sekolah dan data periodik sekolah.

5.    Tabel PTK èaction menu salin penugasan untuk menyalin penugasan PTK tahun 2013 ke 2014 secara otomatis sehingga tidak perlu input ulang di menu penugasan. Tabel Peserta Didik  action menu lanjutkan data periodik PD untuk menyalin data periodik tahun sebelumnya, sehingga tidak perlu input ulang. Dengan asumsi data periodik tersebut tidak mengalami perubahan.

6.     Tabel Prasarana èaction menu lanjutkan data periodik, untuk menyalin tingkat kerusakan prasarana tahun sebelumnya sehingga tidak perlu input ulang, dengan asumsi bahwa tidak ada perubahan kerusakan ruangan.

7.  Tabel Rombongan belajar, action menu dapat digunakan dengan melanjutkan rombel yang ada sebelumnya naik ke tingkat diatasnya, fitur ini dapat di gunakan bagi rombel yang tidak diacak peserta didik nya ketika naik kelas (masih dalam rombel yang sama). Yang perlu diubah/ penyesuaian kembali : Wali kelas , Nama rombel, Ruangan / prasarana.

8.     Mapping anggota rombel. Jenis pendaftaran [Naik Kelas] , jika menggunakan fitur no. 7 peserta didik sudah otomatis masuk ke dalam rombel. Untuk peserta didik tidak naik kelas masukkan ke dalam tingkat yang sama dengan jenis pendaftaran [Mengulang].

9.     Tabel PD èSetelah peserta didik masuk ke dalam rombel maka akan terlihat peserta didik yang belum masuk rombel, peserta didik tersebut adalah peserta didik yang mungkin lulus, registrasikan sebagai peserta didik keluar dengan status lulus dan peserta didik yang putus sekolah. ATAU dapat menggunakan fitur Lulus di rombongan belajar untuk meluluskan siswa-siswa yang berada di tingkat akhir secara massal.

10.  Tabel PD èMasukkan peserta didik baru satu persatu sampai lengkap baru tambah peserta didik kedua dan selanjutnya.

11.  Buat Rombel baru untuk peserta didik baru tersebut (kelas 1 SD atau kelas 7 SMP).

12.  Masukkan peserta didik baru tersebut ke dalam rombel di bagian anggota rombel.

13.  Lengkapi tabel PTK (TAMBAH BARU, MUTASI, dll).

14.  Tabel Pembelajaran: lengkapi PTK mengajar sesuai di dalam rombelnya.

15.  Lengkapi isian sarana, jumlah dan tingkat kerusakannya.

16.  Periksa kelengkapan isian di unduhan profil sekolah.

17. Periksa validasi, pastikan tidak ada yang berwarna merah atau kuning. Untuk mengingatkan kelengkapan, kewajaran dan kebenaran data yang sudah di inputkan.

18.  Lakukan sinkronisasi secara sempurna.

19.  Periksa kesesuaian data di progress pengiriman http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id.

20.  Selesai.

Kemudian dijelaskan secara terperinci hal-hal penting terkait aplikasi Dapodikdas 2014 di antaranya :

1.  Informasi Umum : Penjelasan Aplikasi, UU ITE, Tanggung Jawab dan Kerahasiaan Data, Spesifikasi Minimum Komputer (Hardware), dan Spesifikasi Minimun Komputer (Software/OS).

2.     Ketentuan Umum : Kode Registrasi, Data Prefill, Menjalankan Aplikasi, Backup dan Restore Data, Validasi, Penguncian Data, dan Versi Aplikasi.

3.     Instalasi dan Deinstalisasi Aplikasi : Uninstall/ Deinstalasi Aplikasi dan Langkah-langkah Instalasi Aplikasi.

4.     Registrasi pada Aplikasi Dapodikdas.

5.     Beranda Dapodikdas.

6.  Tabel Sekolah : Identitas Sekolah & Lokasi Sekolah, Data Pelengkap & Kontak Sekolah, Data Periodik Sekolah, Sanitasi & Blockgrant, Akreditasi dan Program Inklusi.

7.   Tabel Peserta Didik : Registrasi Peserta Didik, Tambah Peserta Didik, Pengisian Data Rinci Peserta Didik, dan Peserta Didik (PD) Keluar.

8.   Tabel PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan) : Penugasan PTK, Pengisian Data Rinci PTK, dan PTK Keluar.

9.     Tabel Sarana dan Prasarana (Sarpras),

10.  Tabel Rombongan Belajar (Rombel) : Drag and Drop Anggota Rombel dan Pembelajaran.

11.  Validasi dan Sinkronisasi : Validasi, Sinkronisasi, Sinkronisasi Online, dan Sinkronisasi Offline.

12.  Generate Prefill.

13.  Cek Progress Pengiriman.

14.  Cara Menghapus Inputan Data PD dan PTK.

15.  Pengisian Guru BK dan TIK.

Download manual Aplikasi Dapodikdas 2014 selengkapnya dari links web Dapodik Ditjen Dikdas pada links berikut… Salam satu data berkualitas!

Posted by: Admin Indeks Prestasi Updated at: 19:55:00

CARA INSTALL APLIKASI V.3.0.0 DAPODIKDAS 2014

1. Uninstall/ Deinstalasi Aplikasi Dapodikdas

Sebelum melakukan instalasi versi 3.00, lakukan uninstall/ deinstalasi versi 2.08 terlebih dahulu. Jika tidak maka aplikasi akan mengalami crash/ bentrok dengan aplikasi sebelumnya.

PERINGATAN: Proses deinstalasi/ uninstall akan menghapus program pendataan dan databasenya. Pastikan Anda sudah melakukan sinkronisasi data.

Sebelum melakukan deinstalasi pastikan aplikasi pendataan sudah dihentikan atau ditutup. Dan profil-profil dalam bentuk excel di export semua. untuk memastikan memiliki salinan data.

Untuk melakukan deinstalasi aplikasi dapodikdas, klik Start -> Control Panel -> Program and Features, lalu pilih Dapodikdas, dan pilih [Uninstall] hingga muncul jendela seperti pada gambar.

Gambar 3.1 proses deinstalasi 

Gambar 3.2 deinstalasi dapodikdas

Tekan Tombol [Yes] untuk meneruskan uninstall atau [No] untuk membatalkan uninstall.

Gambar 3.3 proses penghapusan berkas

Tunggu sampai proses deinstalasi selesai hingga muncul jendela sebagai berikut.

Gambar 3.4 halaman akhir deinstalasi

Proses deinstalasi selesai.

2. Langkah-langkah Instalasi Aplikasi Dapodikdas 2014 v.3.0.0

Untuk melakukan instalasi, sebelumnya unduh dahulu installer aplikasi dapodikdas versi 3.00 bagi sekolah yang belum pernah menginstall aplikasi ini, bisa mengunduh langsung aplikasi pada laman dapodikdas http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/laman/unduh

Gambar 3.5 laman dapodikdas

Untuk mengunduh aplikasi, klik menu “Download Aplikasi” yang terletak di kiri atas laman dapodikdas.

Gambar 3.6 menu unduhan

Di dalam menu “Download Aplikasi”, pengguna dapat mengunduh aplikasi versi terbaru, data prefill, video tutorial, formulir, manual, dan kebijakan. Dalam hal ini, jika pengguna akan mengunduh prefill, klik menu “Database Prefill”, kemudian masukkan kode registrasi sekolah yang dimaksud.

Gambar 3.7 unduh data prefill 1

Masukkan kode registrasi sekolah tersebut, kemudian klik [Download]. Jika pengguna menggunakan browser Google Chrome, klik tombol [Keep], kemudian tunggu sampai prefill berhasil terunduh. Unduh file prefill tersebut (berekstensi *.prf), buat folder bernama “prefill_dapodik” di system C:/, lalu copy file prefill yang sudah diunduh tadi ke dalam folder tersebut.

Gambar 3.8 unduh data prefill 2

Gambar 3.9 hasil unduhan berupa prefill data sekolah berekstensi *.prf

Gambar 3.10 menaruh file yang sudah diunduh di folder “prefill_dapodik”

Setelah itu jalankan program yang ada di CD/DVD atau dari lokasi lain (contoh: aplikasi hasil unduhan pada laman dapodikdas). Instalasi aplikasi akan berjalan dan akan ditayangkan seperti yang terlihat pada gambar berikut ini.

Gambar 3.11 Instalasi Dapodikdas 1

Anda sangat disarankan untuk menutup program lainnya sebelum memulai proses instalasi. Hal ini diperlukan agar berkas yang terkait dapat diperbarui tanpa harus booting ulang Komputer Anda.
Tekan tombol [Lanjut >] untuk melanjutkan atau tombol [Batal] untuk membatalkan instalasi.

Jika Anda memilih batalkan maka akan dikonformasi proses pembatalan intalasi, tekan tombol [Yes] untuk membatalkan instalasi, tombol [No] untuk melanjutkan instalasi.

Gambar 3.12 Instalasi Dapodikdas 2

Jika Anda melanjutkan proses instalasi, maka akan ditampilkan bagian pemilihan port. Pada pemilihan port ini, Httpd Port dan Postgres Port akan terisi otomatis. Untuk mengecek kembali portnya, klik tombol [Check Port] agar port tidak bentrok.

Gambar 3.13 Pemilihan port 

Setelah selesai dalam memilih port, setelah Anda klik [Lanjut >] maka akan tampil form persetujuan seperti pada gambar berikut

Gambar 3.14 Kesepakatan atas lisensi – Instalasi Dapodikdas

Bacalah dengan seksama sebelum menginstall atau menggunakan perangkat lunak ini.Setelah Anda baca dengan seksama dan Anda menyetujui tekan tombol [Saya Setuju…] yang berarti Anda setuju dengan ketentuan yang dituliskan dalam lisensi tersebut lalu klik [Lanjut >].Atau tekan tombol [Batalkan] jika Anda tidak setuju.

Gambar 3.15 Proses instalasi Dapodikdas

Setelah proses penginstallan selesai, klik [Lanjut >] dan tunggu hingga proses Konfigurasi Server Dapodikdas selesai.

Gambar 3.16 Konfigurasi server Dapodikdas

Tunggu sampai indikator proses ekstrasi selesai, setelah itu tekan tombol [Selesai] untuk menutup program instalasi. PENTING: PASTIKAN PENGATURAN WAKTU DAN TIMEZONE KOMPUTER ANDA AKURAT!

Gambar 3.17 Finalisasi instalasi aplikasi Dapodikdas

Setting Waktu Lokal di Komputer

Seperti yang disampaikan pada saat instalasi, perlu dipastikan bahwa waktu dan timezone komputer Anda akurat. Hal ini penting untuk memastikan proses sinkronisasi data berjalan lancar.
Untuk memastikannya lakukan langkah-langkah sebagai berikut. Buka menu [Start] -> [Control Panel], kemudian pilih pengaturan “Date and Time” seperti gambar di bawah ini.

Gambar 3.18 Menu Pengaturan Date and Time pada Control Panel

Atau klik dua kali pada jam yang ada pada indikator jam komputer yang ada pada bagian kanan bawah layar.

Gambar 3.19 Indikator jam komputer

Pilih tab “Date & Time” dan atur tanggal dan jam sesuai dengan kondisi saat ini.
Klik dua kali pada Indikator jam komputer

Gambar 3.20 Pengaturan Tanggal dan Jam

Untuk zona waktu, pilih GMT +07.00 untuk WIB, GMT +08.00 untuk WITA, dan GMT +09.00 untuk WIT.

Gambar 3.21 Pengaturan zona waktu

Agar waktu anda selalu akurat, centang pilihan “Automatically synchronize with an Internet time server”.

Gambar 3.22 Pengaturan sinkronsisasi waktu

Adakalanya waktu komputer berubah karena berbagai kondisi, misalnya baterai BIOS lemah sehingga waktu komputer menjadi tidak sesuai.Untuk itu Anda dipastikan selalu memeriksa keakuratan waktu komputer.

Pengaturan waktu sangat penting, karena server pendataan lokal akan melakukan sinkronisasi data dengan server database pusat. Setelah pengaturan waktu selesai, Anda siap untuk menjalankan aplikasi.

Referensi artikel : Manual Aplikasi Dapodikdas 2014

Posted by: Admin Indeks Prestasi Updated at: 21:13:00

INFORMASI DAN KETENTUAN UMUM APLIKASI DAPODIKDAS 2014

Sahabat edukasi…, berikut informasi umum, ketentuan umum, dan ketentuan khusus aplikasi Dapodikdas 2014 pada Manual Aplikasi Dapodikdas 2014 :

INFORMASI UMUM

1. Penjelasan Aplikasi

Sistem aplikasi Data Pokok Pendidikan Dasar (Dapodikdas) adalah organisasi data untuk mengelola data pokok di lingkungan pendidikan dasar mencakup data sekolah, PTK, peserta didik, rombongan belajar, sarana dan prasarana.

Aplikasi ini di operasionalkan untuk masing-masing sekolah. Artinya pengguna dari aplikasi ini adalah pihak sekolah yang telah menunjuk operator sekolah sebagai pelaksana teknis. Aplikasi ini merupakan alat penjaringan data, data yang di inputkan di sekolah langsung terkirim ke pusat.

2. UU ITE, Tanggung Jawab dan Kerahasian Data

Berdasarkan undang-undang Republik Indonesia Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Transaksi Elektronik dilaksanakan berdasarkan asas kepastian hukum, manfaat, kehati-hatian, iktikad baik, dan kebebasan memilih teknologi atau netral teknologi. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Transaksi Elektronik dilaksanakan dengan tujuan untuk:

-     mencerdaskan kehidupan bangsa sebagai bagian dari masyarakat informasi dunia;

-     mengembangkan perdagangan dan perekonomian nasional dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat;

-     meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan publik;

-     membuka kesempatan seluas-luasnya kepada setiap orang untuk memajukan pemikiran dan kemampuan di bidang penggunaan dan pemanfaatan Teknologi Informasi seoptimal mungkin dan bertanggung jawab; dan

-     memberikan rasa aman, keadilan, dan kepastian hukum bagi pengguna dan penyelenggara Teknologi Informasi.

Kerahasiaan Data:

Sepanjang tidak ditentukan lain oleh undang-undang tersendiri, setiap Penyelenggara Sistem Elektronik wajib mengoperasikan Sistem Elektronik yang memenuhi persyaratan minimum sebagai berikut:

-     dapat menampilkan kembali Informasi Elektronik dan/ atau Dokumen Elektronik secara utuh sesuai dengan masa retensi yang ditetapkan dengan Peraturan Perundang-undangan;

-     dapat melindungi ketersediaan, keutuhan, keotentikan, kerahasiaan, dan keteraksesan Informasi Elektronik dalam Penyelenggaraan Sistem Elektronik tersebut;

-     dapat beroperasi sesuai dengan prosedur atau petunjuk dalam Penyelenggaraan Sistem Elektronik tersebut;

-     dilengkapi dengan prosedur atau petunjuk yang diumumkan dengan bahasa, informasi, atau symbol yang dapat dipahami oleh pihak yang bersangkutan dengan Penyelenggaraan Sistem Elektronik tersebut; dan

-     memiliki mekanisme yang berkelanjutan untuk menjaga kebaruan, kejelasan, dan kebertanggungjawaban prosedur atau petunjuk.

Peran Kepala Sekolah, PTK, Peserta Didik dan Operator Sekolah

-     Peran Kepala Sekolah adalah sebagai pembagi guru mengajar di setiap rombel (roaster), mengawasi operator sekolah dalam pengisian Aplikasi Dapodik sekaligus penanggungjawab data di sekolahnya masing-masing.

-     Peran PTK adalah selain sebagai pengajar dan pelaksana, juga bertugas untuk mengisi formulir individual PTK dan mengecek kebenaran dan kelengkapan data individu yang dientri oleh operator dapodik.

-     Wali kelas : mengkoordinir pengumpulan data untuk peserta didik sesuai kelasnya yang dipegangnya.

-     Peran Peserta Didik adalah mengisi formulir Peserta Didik dimana formulir diserahkan kepada orang tua untuk diisi secara lengkap.

-     Peran Operator Sekolah adalah:
a.   Menyebarkan formulir pendataan kepada Sekolah, PTK, dan Peserta Didik dalam rangka mendapatkan data untuk dientri kedalam aplikasi.
b.  Mengentri data sesuai dengan data yang terisi di formulir pendataan.
c.   Mengirim data ke server melalui Aplikasi Dapodik

3. Spesifikasi Minimum Komputer (Hardware)

Untuk dapat menjalankan aplikasi pendataan dikdas, spesifikasi perangkat keras yang diperlukan adalah:
1.   Processor minimal Pentium IV
2.   Memory minimal 512 MegaByte
3.   Storage tersisa minimal 100 MegaByte
4.   CD/DVD drive jika instalasi melalui media CD/DVD

4. Spesifikasi Minimum Software (Sistem Operasi)

Untuk dapat menjalankan aplikasi pendataan dikdas, spesifikasi perangkat lunak yang diperlukan adalah :

1. Microsoft Windows Operating System
a.   Windows XP SP3
b.  Windows Vista
c.   Windows 7
d.  Windows 8 (Aplikasi tidak bisa berjalan di Windows 8 RT)
e.   Windows Server 2003 atau yang terbaru

2. Browser Internet Modern
a. Google Chrome
KETENTUAN UMUM

1. Kode Registrasi

Kode registrasi adalah “kunci” untuk memuat/ mengaktivasi data sekolah. Kode registrasi akan dibagikan oleh KKDATADIK masing-masing daerah. Pastikan Anda menggunakan kode registrasi sekolah Anda sendiri dan tidak membagi/memberitahu kode ini pada pihak yang tidak berkepentingan.Kode Registrasi digunakan pada saat registrasi awal di aplikasi (aktivasi).

Catatan : Koderegistrasi yang digunakan sama dengan koderegistrasi tahun ajaran sebelumnya. Koderegistrasi ini dapat di ubah melalui manajemen pendataan di dinas pendidikan (KKDATADIK) jika dihendaki sekolah dengan alasan keamanan.

2. Data Prefill

Data hasil kiriman ke server dari sekolah-sekolah di semester yang lalu yang kemudian data tersebut di package ulang sehingga ketika login di aplikasi yang baru sekolah hanya tinggal mengentri data peserta didik baru, pemetaan rombel, dan melengkapi data yang belum terisi pada aplikasi sebelumnya.

Catatan : file prefill yang digunakan adalah file prefill yang sudah di perbaharui secara otomatis oleh sistem per tanggal 25 Juli , pengiriman terakhir dari sekolah. File prefill lama tidak dapat digunakan, tapi harus menggunakan file prefill yang baru.

Prefill bisa diunduh di laman http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/laman/prefill . File prefill yang sudah diregistrasikan otomatis akan hilang, hal ini dibuat agar prefill yang lama tidak dipakai kembali setelah proses input data oleh sekolah. Jika ingin memulai kembali, harus diawali dengan proses generate prefill.

3. Menjalankan Aplikasi

Aplikasi dapodikdas versi 3.00 adalah aplikasi berbasis web, untuk itu diperlukan server untuk menjalankan aplikasi web ini dan web browser untuk mengoperasikan aplikasi. Pastikan komputer Anda telah terinstall dengan web browser terbaru, karena web browser versi lama tidak bisa mendukung/menjalankan aplikasi ini.Disarankan untuk menggunakan Google Chrome atau Mozilla Firefox.

Catatan : untuk menginstalasi versi 3.00 , versi aplikasi sebelumnya (2.08) harus di uninstall terlebih dulu. Jika tidak maka aplikasi versi 3.00 akan (crash) atau gagal di install.

4. Backup dan Restore Data

Dalam aplikasi pendataan 2014 tidak tersedia fitur backup dan restore data seperti halnya aplikasi di tahun 2013 lalu. Catatan : Fasilitas back up dan restore gunakan mekanisme generate ulang prefill. http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/prefill_final fasilitas ini dapat di lakukan secara mandiri oleh masing-masing sekolah. (Baca lebih lanjut di Bagian 12 Generate Prefill)

5. Validasi

Daftar validasi yang terdapat pada versi 3.00 ini adalah:
-     Validasi Kelengkapan Data
-     Validasi Kebenaran Data
-     Validasi Kewajaran Data
-     Validasi Integritas Data

Validasi ini akan muncul di depan beranda setiap kali akan melakukan sinkronisasi. System akan menghasilkan informasi data – data yang masuk ke dalam kategori invalid atau warning. sebaiknya data invalid tersebut benahi agar menjadi valid.

6. Penguncian Data

Dimulai dari aplikasi versi 2.07 sampai dengan aplikasi yang digunakan saat ini, terdapat penguncian data pada nama dan tanggal lahir yang berada di tabel PTK dan peserta didik yang sudah diinput. Contoh data-data yang terkunci pada tabel peserta didik :


Untuk itu perlu diperhatikan, nama peserta didik ketika diinput kedalam aplikasi nama tersebut sudah benar baik ejaannya maupan kelengkapan namanya. Gelar pendidikan dan gelar sosial seperti H. Hj. Rd. Drs. S.Pd tidak perlu diinputkan di dalam aplikasi.

Hal ini berlaku juga untuk kolom tanggal lahir, tidak dapat di ubah kembali kecuali melalui mekanisme vervalPD ataupun vervalPTK. Oleh karena itu sekali lagi, pastikan data nama dan tanggal lahir telah diinputkan secara benar dan lengkap.

7. Versi Aplikasi

Perubahan versi aplikasi bertujuan agar pengguna menggunakan aplikasi versi terbaru. Dimana didalam aplikasi terbaru tersebut terdapat fitur-fitur tambahan dan atau perbaikan dari versi sebelumnya. Di periode ini patch 3.01 akan release di bulan Desember untuk mengaktifkan periode semester 2 (20142) dan memunculkan inputan raport.

Referensi artikel : Manual Aplikasi Dapodikdas 2014

Posted by: Admin Indeks Prestasi Updated at: 22:23:00

SOLUSI MENGATASI GAGAL LOGIN APLIKASI DAPODIKDAS 2014 V.3.0.0 KARENA TERDETEKSI VERSI DATA BASE 2.42

Sahabat Operator Dapodikdas 2014 yang berbahagia. Versi database aplikasi Dapodikdas 2014 v.3.0.0 adalah v.2.4.2, sehingga apabila terjadi permasalahan adanya peringatan terdeteksi versi data base 2.4.2 sehingga aplikasi tidak dapat dilanjutkan silahkan hubungi Tim Teknis Dapodikdas 2014, silahkan klik saja tombol F5 (reload) 1 kali saja.


Apabila memang masalah tersebut tetap berlanjut, berikut solusi awal terhadap permasalahan gagal login aplikasi dapodikdas 2014 v.3.0.0 karena terdeteksi versi data base 2.42 sehingga aplikasi tidak dapat dilanjutkan tersebut :

1.   Web browser default untuk menjalankan aplikasi Dapodikdas 2014 “Google Chrome”.

2. Atur tanggal dan jam pada komputer/laptop pada waktu sekarang (Indonesia).

3.  Telah melakukan langkah-langkah instalasi aplikasi Dapodikdas 2014 v.3.0.0 yang benar dan berurutan seperti pada artikel berikut.

Bila pada poin-poin di atas dipastikan telah dilakukan dengan benar namun masalah terdeteksi versi data base 2.4.2 sehingga aplikasi tidak dapat dilanjutkan silahkan konsultasikan kepada Disdik Kabupaten/Kota setempat atau menghubungi Tim Teknis Dapodikdas 2014.

Berikut alamat Ditjen Dikdas berikut daftar kontak Tim Teknis Dapodikdas Ditjen Dikdas :

Sekretariat Ditjen Dikdas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Gedung E Kemdikbud Lt 5 
Jl. Jenderal Sudirman Senayan
Jakarta, 10270

Email :

SMS Center : 085721025035

Untuk bantuan teknis mengenai aplikasi Data Pokok Pendidikan Dasar silahkan menghubungi Tim Supportmelalui Yahoo Messenger atau chat langsung pada Laman Helpdesk Dapodik Ditjen Dikdas Kemdikbud.

Bagi Rekan-rekan operator Dapodikdas 2014/2015 pengguna (user) Facebook silahkan gabung di group Facebook Info Pendataan Ditjen Dikdas. Semoga bermanfaat dan terimakasih…

Posted by: Admin Indeks Prestasi Updated at: 23:00:00

DOWNLOAD INSTALLER APLIKASI DAPODIKDAS 3.0.0 DAN PEDOMAN F-PD, F-PTK, F-SEKOLAH, DAN F-ROMBEL TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Alhamdulillaah… pada hari ini (Rabu, 6 Agustus 2014) Dapodikdas versi 3.0.0 sudah resmi rilis pada situs Dapodik Ditjen Dikdas. Berikut links download installer aplikasi Dapodikdas v 300 beserta pedoman pengisian formulir peserta didik, formulir pendidik dan tenaga kependidikan, formulir sekolah maupun formulir rombongan belajar :

1.   Installer aplikasi Dapodikdas 3.0.0 (Links 1, Links 2)

Jika di antara Rekan-rekan Operator Sekolah ada yang kebetulan belum berhasil download langsung dari links di atas, berikut saya share links download alternatif selengkapnya di bawah ini:


Untuk links download prefill aplikasi Dapodikas 2014 dari masing-masing sekolah dapat diunduh pada links berikut… Semoga bermanfaat dan terimakasih…

Posted by: Admin Indeks Prestasi Updated at: 14:51:00

KLINIK KURIKULUM 2013, KLINIK GURU UNTUK KONSULTASI PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013

Jakarta, Kemdikbud --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan ada dua variabel utama dalam mengukur kualitas pendidikan, yaitu guru dan kurikulum. Tahun ini implementasi kurikulum baru, yaitu Kurikulum 2013, dilakukan secara menyeluruh. Karena itu bagi guru-guru yang telah mengikuti pelatihan namun belum sepenuhnya memahami Kurikulum 2013, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) membuka klinik guru sebagai wadah konsultasi bagi guru.

“Kita sekarang membuka klinik dan konsultasi pembelajaran, Sehingga para guru yang belum mengerti (Kurikulum 2013) bisa nanya ke klinik,” ujar Mendikbud saat diwawancarai sebuah stasiun televisi swasta di kantor Kemdikbud, Jakarta, (4/8/2014). Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan (LPTK) pun ditunjuk sebagai pengelola klinik.

Klinik guru tersebut, kata Mendikbud, bisa dilakukan secara daring/online, baik di pusat (Kemdikbud), maupun di daerah melalui pemerintah provinsi dan kabupaten/kota. Selain membuka klinik guru, pendampingan pada saat proses belajar mengajar juga dilakukan. Diharapkan, dengan upaya tersebut, pemahaman guru terhadap Kurikulum 2013 semakin meningkat.

Mendikbud mengatakan, guru harus bisa mengajarkan materi dengan baik kepada siswa, sehingga guru harus memahami Kurikulum 2013. Menurutnya, guru yang baik adalah guru yang bisa mengajarkan materi kurikulum dengan sesuai dengan tugasnya, menguasai materi dengan baik, dan bisa menyajikan materi dengan metodologi yang baik pula.

Hingga saat ini, untuk implementasi Kurikulum 2013, Kemdikbud telah melakukan pelatihan bagi 1,3 juta guru, agar pelaksanaan kurikulum mempunyai standar yang sama. “Belum pernah ada pelatihan secara masif dengan standar yang kita tetapkan,” kata Mendikbud. Selain itu, ujarnya, hal kedua yang juga belum pernah ada adalah pencetakan sekitar 250 juta buku secara serentak untuk dibagikan secara gratis ke siswa seperti dalam implementasi Kurikulum 2013. (Desliana Maulipaksi)

Posted by: Admin Indeks Prestasi Updated at: 14:07:00