Konsep Pembelajaran Hypnoteaching
indeksprestasi.blogspot.com - Pembelajaran
merupakan suatu proses belajar mengajar, model pembelajaran yang mencakup
strategi atau metode pembelajaran mengandung 4 katakteristik yaitu: rasional
teoritik yang logis, tujuan intruksional yang akan di capai, prilaku mengajar
yang diperlukan, dan lingkungan mengajar yang mendukung tercapainya tujuan
pembelajaran.
Untuk mencapai tujuan
yang hendak di capai dalam proses belajar mengajar, seorang guru perlu
menguasai metode yang dibutuhkan untuk merangsang terjadinya perubahan yang
diinginkan. Kedudukan metode sebagai alat motivasi ekstrinsik, sebagai strategi
pengajaran, dan sebagai alat untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Mengenai strategi
pembelajaran sendiri cendrung merupakan aspek psikologis dari suatu sistem atau
struktur. Banyak penelitian yang dilakukan dalam rangka meningkatkan hasil
pembelajaran, diantaranya seperti yang dilakukan oleh Iis Holiah (2010), dalam
makalah penelitianya yang berjudul “Pendekatan Hypnoteaching Sebagai Sebuah
Inovasi Baru Dalam Pembelajaran” sebagai berikut:
Berdasarkan hasil
analisis terhadap temuan uji coba pendekatan hipnosis dalam pembelajaran, dapat
disimpulkan:
1.
Terjadi
peningkatan pengusaan siswa tentang konsep-konsep dasar sosiologi setelah dilakukan
pendekatan hipnosis selama pembelajaran satu semester. Hal ini berarti
kecerdasan siswa melesat cukup cepat.
2.
Perilaku
siswa di kelas yang kurang baik berubah menjadi baik setelah guru memberikan
sugesti-sugesti positif dalam proses hipnosis.
3.
Kepatuhan
siswa terhadap guru dan motaivasi belajar siswa meningkat setelah dilakukan pendekatan hipnosis selama
pembelajaran.
Dari penelitian yang
telah dibahas diatas, dapat disimpulkan bahwa dengan penelitian-penelitian
tersebut mendukung penelitian ini yang menekankan kepada penerapan
pembelajaran.
Post a Comment