Faktor-faktor
yang Mempengaruhi Prestasi Belajar
indeksprestasi.blogspot.com
- Menurut Muhibbin Syah (2002:23), secara global faktor-faktor yang
mempengaruhi prestasi belajar siswa dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu
“faktor internal, faktor eksternal dan faktor pendekatan belajar”.
1.
Faktor Internal
Faktor
internal (faktor dari dalam siswa), yakni keadaan / kondisi jasmani dan rohani
siswa. Faktor ini meliputi 2 aspek, yakni :
- Aspek fisiologis (yang bersifat jasmaniah).
Kondisi
umum jasmani dan tonus (tegangan otot) yang menandai tingkat kebugaran
organ-organ tubuh dan sendi-sendinya, dapat mempengaruhi semangat dan
intensitas siswa dalam mengikuti pelajaran. Kondisi jasmani yang tidak
mendukung kegiatan belajar, seperti gangguan kesehatan, cacat tubuh, gangguan
penglihatan, gangguan pendengaran dan lain sebagainya sangat mempengaruhi
kemampuan siswa dalam menyerap informasi dan pengetahuan, khususnya yang
disajikan di kelas.
- Aspek psikologis (yang bersifat rohaniah)
Banyak
faktor yang termasuk aspek psikologis yang dapat mempengaruhi kualitas dan
kuantitas perolehan pembelajaran siswa. Diantaranya adalah tingkat intelegensi
siswa, sikap siswa, bakat siswa, minat siswa dan motivasi siswa. Untuk
melihatpenjelasannya silakan klik : Aspek
psikologis yang Mempengaruhi Prestasi Belajar
2.
Faktor Eksternal
Faktor
eksternal (faktor dari luar siswa), yakni kondisi/keadaan lingkungan di sekitar
siswa. Adapun faktor eksteren yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa
adalah:
- Lingkungan sosial
Lingkungan
sosial siswa di sekolah adalah para guru, staf administrasi dan teman-teman
sekelasnya, yanf dapat mempengaruhi semangat belajar siswa. Masyarakat,
tetangga dan teman-teman sepermainan di sekitar perkmpungan siswa juga termasuk
lingkungan sosial bagi siswa. Namun lingkungan social yang lebih banyak
mempengaruhi kegiatan belajar sisa ialah orang tua dan keluarga siswa itu
sendiri. Sifat-sifat orang tua, praktik pengelolaan keluarga, ketegangan keluarga
dan letak rumah, semuanya dapat memberi dampak baik dan buruk terhadap kegiatan
belajar dan hasil yang di capai siswa.
- Lingkungan non sosial
Lingkungan
non sosial ialah gedung sekolah dan letaknya, rumah tempat tinggal keluarga
siswa dan letaknya, alat alat belajar, keadaan cuaca dan waktu belajar yang
digunakan siswa.
3.
Faktor Pendekatan Belajar
Tercapainya
hasil belajar yang baik dipengaruhi oleh bagaimana aktivitas siswa dalam
belajar. Faktor pendekatan belajar adalah jenis upaya belajar siswa yang
meliputi strategi dan metode yang digunakan siswa untuk melakukan kegiatan
pembelajaran materi-materi pelajaran. Faktor pendekata belajar sangat
mempengaruhi hasil belajar siswa, sehingga smakin mendalam cara belajar siswa
maka semakin baik hasilnya.
Post a Comment