Cari Kategori

EDUCATION MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM SEBAGAI PUSAT PENDATAAN PENDIDIKAN ISLAM SATU PINTU

Bogor (Pendis) - Education Management Information System (EMIS) sebagai pusat pendataan pendidikan Islam satu pintu sangat berperan dalam menunjang proses perencanaan dan pengambilan kebijakan program Pendis. Sejauh ini, 87% data EMIS menentukan kualitas perencanaan, sehingga harus terus ditingkatkan dengan meminimalisir berbagai kelemahan yang terjadi selama ini.

Kegiatan Koordinasi dan Validasi Data Pendidikan Islam Tahun Pelajaran 2013/2014 (Angkatan I/PTAI) di Bogor (09/06/14) yang diselenggarakan oleh Bagian Perencanaan dan Sistem Informasi Setditjen Pendis Kemenag RI. Dalam sambutannya, Kabag Perencanaan dan Sistem Informasi Ditjen Pendis Kastolan, S.Pd., M.Si. menyampaikan bahwa dengan kegiatan ini, diharapkan akan meningkatkan kualitas data EMIS guna mendukung kebijakan pendataan pendidikan Islam satu pintu.

Diakui oleh Kastolan bahwa ada beberapa hal yang terlambat dalam proses pendataan, namun akan ada perbaikan ke depannya. Khususnya guna mengejar data 2013/2014, yang diharapkan akan menjadi data pokok pendidikan Islam yang nantinya akan berkaitan dengan rencana kerja dan anggaran program pendidikan Islam tahun 2015.

"Ke depan kita akan perbaiki proses kerja pendataan kita agar mampu mendukung pengambilan kebijakan pada program pendidikan Islam. Tidak akan ada pengambilan kebijakan yang baik tanpa didukung dengan perencanaan yang baik dan data yang kuat. Ke depan, hubungan antara ketiga siklus tersebut akan dipererat," ujarnya.

Adapun kelemahan yang terjadi selama ini, banyaknya pihak yang melakukan pekerjaan pendataan pendidikan Islam dengan sumber data yang sama (PTAIN, PTAIS, Kopertais, dll) menyebabkan sumber data merasa jenuh untuk melayani permintaan data yang berulang-ulang dalam waktu yang hampir bersamaan.

Selain itu, posisi pendataan EMIS bagi sumber data masih ditempatkan pada prioritas yang rendah sehingga lebih sering diabaikan karena sumber data belum dapat merasakan manfaat dan pentingnya pendataan EMIS tersebut, kurangnya perhatian sebagian besar PTAIS terhadap pekerjaan pendataan EMIS, dan minimnya kondisi infrastruktur di sebagian besar daerah sehingga sumber data kesulitan dalam mengakses aplikasi EMIS.

Kastolan berharap data EMIS menjadi sumber utama referensi data di lingkup Ditjen Pendidikan Islam, baik di pusat maupun daerah, data EMIS harus ter-update secara periodik, data EMIS terjamin kelengkapan, keakuratan dan ketepatan waktunya, data EMIS dapat dimanfaatkan dan digunakan oleh seluruh pemangku kepentingan untuk berbagai keperluan, terutama untuk mendukung perencanaan dan pengambilan kebijakan. (sya/ra)

Posted by: Admin Indeks Prestasi Updated at: 04:06:00

Penilaian Terhadap Prestasi Belajar



Penilaian Terhadap Prestasi Belajar

indeksprestasi.blogspot.com - Prestasi belajar merupakan suatu bentuk pengakuan terhadap hasil belajar. Suatu hasil belajar dapat dikategorikan memiliki prestasi jika hasil belajar sesuai dengan tujuan pembelajaran. Gagne dalam bukunya Nana Sudjana, (2005: 22) membagi lima macam hasil belajar, yaitu invormasi verbal, ketrampilan intelektual, strategi kognitif, sikap dan ketrampilan motoris. Konsep Gagne pada dasarnya sesuai dengan konsep taksonomi Bloom, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Posted by: Admin Indeks Prestasi Updated at: 21:12:00

CARA CEK LEMBAR INFO PTK 2014/2015 HASIL SINKRONISASI APLIKASI DAPODIKDAS 2014

Hasil validasi data pada Lembar Info PTK 2014 berasal dari data-data hasil sinkronisasi menggunakan aplikasi Dapodikdas 2014 v.3.0.0 yang telah ditarik oleh server P2TK Dikdas (syncron Dapodik & P2TK).

Hingga pada hari ini, 6/10/2014 data-data PTK yang telah berubah adalah berdasarkan Data yang telah diproses di server P2TK adalah data pertanggal : 03 Oktober 2014 jam 23.00.

 
Jadi, untuk sinkronisasi yang berhasil dilakukan setelah pada tanggal tersebut maka data pada Lembar Info PTK-nya juga belum berubah / terupdate. Baru setelah dilakukan syncron data antara Dapodik dan P2TK di waktu kemudian, maka data-data validasi pada LIP juga terupdate juga.

Pilih salah satu links aktif untuk Cek Lembar Info PTK 2014 :

1.   Cek Lembar Info PTK 2014 melalui Links 1.
2.   Cek Lembar Info PTK 2014 melalui Links 2.
3.   Cek Lembar Info PTK 2014 melalui Links 3.
4.   Cek Lembar Info PTK 2014 melalui Links 4.
5.   Cek Lembar Info PTK 2014 melalui Links 5.
6.   Cek Lembar Info PTK 2014 melalui Links 6.

Berikut cara cek Lembar Info PTK 2014 :

1.   Masukan NRG sebagai UserID jika sudah sertifikasi dan NUPTK jika belum sertifikasi.

2.   Masukan tanggal lahir sebagai Password dengan format penulisan YYYYMMDD ; YYYY = tahun lahir (4 digit), MM = bulan lahir (2 digit), dan DD = tanggal lahir (2 digit). Misal : Tanggal lahir PTK pada 17 Agustus 1975, maka dituliskan dengan 19750817.

3.   Pilih periode semester 1 tahun ajaran 2014/2015 (default), atau pilih periode sebelumnya untuk melihat hasil lembar info PTK dari Dapodikdas 2013 sebelumnya.

4.   Input kode captthadengan benar.

5.   Terakhir klik “Submit”.

Jika masih terdapat ke tidaksesuaian data di Lembar Info PTK dengan data riil, maka lakukan pengecekan data Anda di Aplikasi Dapodik sekolah, lakukan perbaikan dan disynkron ulang sampai dengan berhasil dan valid 100 %. Amiin…

Posted by: Admin Indeks Prestasi Updated at: 02:25:00

DOWNLOAD GRATIS BUKU PENDIDIKAN ANTI KORUPSI DARI KPK UNTUK SISWA SERTA PANDUAN BAGI GURU

Pendidikan diyakini merupakan kunci masa depan bangsa dan pendidikan anti korupsi merupakan pendidikan seumur hidup yang harus ditanamkan sejak dini. Kualitas sumber daya manusia yang tinggi merupakan modal utama pembangunan untuk mencapai kesejahteraan bangsa. Peningkatan intelektualitas, kecerdasan emosi, dan penanaman karakter menjadi salah satu prasyarat keberhasilan pengembangan sumber daya manusia Indonesia.

DOWNLOAD GRATIS BUKU PENDIDIKAN ANTI KORUPSI DARI KPK UNTUK SISWA SERTA PANDUAN BAGI GURU

Di tengah beratnya beban pelajaran. pendidik dituntut lebih kreatif dalam menyampaikan materi sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Berangkat dan optimisme bahwa penanaman nilai-nilai luhur dapat diperkenalkan sejak dini melalui penyisipan beberapa mata pelajaran tanpa membuat mata pelajaran khusus anti korupsi. KPK bersama-sama dengan kalangan pendidik dari berbagai sekolah di Jabodetabek dan Jawa Barat merumuskan suatu bentuk penyisipan 9 (sembilan) nilai-nilai luhur yang membentuk karakter anti korupsi ke dalam beberapa mata pelajaran yang sudah ada, yaitu :

1.   jujur,
2.   disiplin,
3.   tanggung jawab.
4.   kerja keras,
5.   berani,
6.   mandiri,
7.   sederhana,
8.   adil dan
9.   peduli.

Pada seri pendidikan anti korupsi untuk jenjang pendidikan sekolah menengah pertama (SMP) ini, selain penanaman karakter, bobot muatan juga diarahkan pada aspek aplikasi dan pola pembiasaan perilaku. Para pendidik, orang tua atau siapapun yang berminat menanamkan nilai-nilai luhur sejak dini (SD) dapat menggunakan seri Pendidikan Anti Korupsi ini sebagai salah satu acuan dalam pendidikan dasar dan menengah.

Sedangkan seri pendidikan anti korupsi untuk jenjang pendidikan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA/MA) ini selain penanaman karakter dan bobot muatan yang diarahkan pada aspek aplikasi dan pola pembiasaan perilaku juga mulai dimunculkan tumbuhnya perilaku perlawanan terhadap korupsi yang mendorong siswa untuk menjadi penggerak dan pelopor anti korupsi di lingkungannya.

Seri Pendidikan Anti Korupsi ini juga dilengkapi dengan Panduan Guru untuk memberikan ruang bagi guru dalam pengayaan materi sesuai dengan kondisi daerah masing-masing.

Diharapkan melalui penanaman karakter anti korupsi dalam di setiap anak bangsa dapat tercipta generasi-generasi baru yang jauh lebih baik.  Bangkitlah Generasi Baru Indonesia !

Berikut links download Buku Pendidikan Anti Korupsi bagi peserta didik SD/MI, SMP/MTs, hingga SMA (sederajat) sekaligus buku / modul panduan bagi Guru Pendidikan Dasar dan Menengah :

LINKS DOWNLOAD BUKU PENDIDIKAN ANTI KORUPSI DARI KPK (KOMISI PEMBERANTASAN KORUPSI) BAGI SISWA JENJANG SD/MI, SMP/MTs, DAN SMA/MA :


LINKS DOWNLOAD BUKU PANDUAN PENDIDIKAN ANTI KORUPSI DARI KPK (KOMISI PEMBERANTASAN KORUPSI) BAGI GURU / PENGAJAR JENJANG SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA :

1. Download Buku Panduan Guru Modul Pendidikan Anti Korupsi SD (sederajat)
2. Download Buku Panduan Guru Modul Pendidikan Anti Korupsi SMP (sederajat)
3. Download Buku Panduan Guru Modul Pendidikan Anti Korupsi SMA (sederajat)

Penjelasan mengenai landasan hukum serta penjelasan Pendidikan Anti Korupsi dapat dilihat juga pada laman http://litbang.kemdikbud.go.id/index.php/pendahuluan/landasan-hukum. Semoga bermanfaat dan terimakasih...

Sumber file : www.bse.mahoni.com

Posted by: Admin Indeks Prestasi Updated at: 03:56:00

TONGGAK AWAL SISTEM PENDATAAN PENDIDIKAN INDONESIA YANG BENAR-BENAR BERKUALITAS adalah DAPODIK DAN VERVAL PDSP 2014

Konsekuensi dari era teknologi informasi modern seperti sekarang ini, pendataan yang dikirim secara online pun telah menghampiri seluruh institusi pendidikan di pelosok negeri.
 
Pada awal mula adanya prosedur yang baik seperti ini, memang tidak mudah tapi juga tidak teramat sulit. Dapodikdas dan VerVal PDSP akan saling ada keterkaitan mulai saat ini. Namun semua kesalahan proses input data bukan semata disalahkan kepada salah satu pihak tertentu. Hal ini wajar terjadi, yang sebelumnya belum menggunakan prosedur seperti sekarang ini, sehingga metode penginputan datanya tentu saja berbeda.

Mungkin dulu PD baru tanpa melampirkan akta kelahiran pun dapat langsung diterima di suatu sekolah, mungkin saat ini, menjadi sebuah syarat wajib, hal ini sama sekali bukan untuk mempersulit anak tersebut, akan tetapi justru akan mempermudah proses-proses pendidikan dan masa depan PD bersangkutan.

Kesalahan ini pun masih dapat terus diperbaiki dengan prosedur standar yang seimbang dengan visi untuk mewujudkan data yang benar-benar berkualitas. Beberapa indikasi tercapainya pendataan berkualitas nantinya akan terlihat ketika data-data terkait sekolah dan PTK valid juga sesuai dengan kondisi sebenarnya, NISN tidak ada lagi yang berganda, data siswa pun sesuai dengan dokumen kelahiran ataupun ijazah pada jenjang pendidikan sebelumnya.

Selain itu, secara berangsur-angsur nantinya, akan semakin bertambah pula PTK yang ingin meningkatkan kemampuan dalam menggunakan media TIK, setidak-tidaknya untuk cek ataupun memastikan hasil validasi data-datanya. Dengan demikian, jika ditemukan kesalahan pada data-data terkait dengan diri PTK bersangkutan akan dapat langsung diperbaiki oleh operator sekolahnya dengan lebih cepat dan akurat.

Dan akhirnya saya sangat optimis dan yakin, inilah awal dari perubahan, perubahan dari sistem manajemen pendidikan yang lebih berkualitas selanjutnya akan terus bergerak maju ke depan - ke arah pendidikan Indonesia yang lebih berkualitas pula… Amiin… Wassalamu’alaikum…

Posted by: Admin Indeks Prestasi Updated at: 00:48:00

Pikiran Sadar dan Bawah Sadar Manusia


Pikiran Sadar dan Bawah Sadar Manusia

indeksprestasi.blogspot.com - Pikiran sadar merupakan pikiran yan menggunakan akal sehat dan logika. Pikiran sadar berperan dalam menerima informasi yang masuk melalui panca indra, menganalisis, serta memutuskan respon yang akan dilakukan. Informasi yang diterima oleh pikiran sadar, diseleksi kelogisan, kesesuaian, ataupun pertentanganya dengan nilai. Jika informasi itu dianggap benar, akan langsung diteruskan ke pikiran bawah sadar. Jika informasi tersebut lolos seleksi ke pikiran bawah sadar, selanjutnya disimpa ke pikiran bawah sadar sebagai memori jagka panjang. Sebaliknya pikiran bawah sadar merupakan pikiran yang siap menerima setiap informasi apapun tanpa melakukan seleksi terlebih dahulu  (Andri Hakim, 2011 : 4).

Posted by: Admin Indeks Prestasi Updated at: 21:10:00

MATERI PELAJARAN PRAKARYA SMP / MTS KELAS 8 KURIKULUM 2013

Mata pelajaran prakarya terdiri dari aspek Kerajinan, Rekayasa, Budidaya dan Pengolahan. Dasar pembelajaran prakarya yang berbasis budaya ini diharapkan dapat menumbuhkan nilai kearifan lokal dan nilai “jati diri” sehingga tumbuh semangat kemandirian kewirausahaan dan sekaligus kesediaan melestarikan potensi dan nilai-nilai kearifan lokal.

Pokok bahasan dalam buku kelas VIII SMP /MTs ini meliputi: Kerajinan dari bahan alami dan buatan, rekayasa alat penjernih air dan produk sederhana dengan teknologi mekanik, budidaya tanaman sayuran dan tanaman obat, pengolahan pangan minuman segar, minuman kesehatan, dan makanan cepat saji dari buah dan sayuran, serta pengolahan non pangan dari hasil samping bahan pangan nabati menjadi bahan dasar kerajinan.

Pembelajaran prakarya dikembangkan bedasarkan kekhasan daerah setempat disertai pemahaman terhadap latar belakang penciptaan budaya dan teknologi tepat guna. Melalui pembelajaran Prakarya akan memberi apresiasi kepada peserta didik tentang makna multi kultural. Oleh karenanya, mata pelajaran Prakarya masuk dalam konstelasi Kurikulum Pendidikan Indonesia sebagai mata pelajaran wajib yang secara umum diharapkan memberi sumbangan dalam mengembangkan kreativitas sumber daya manusia pada “industri ekonomi kreatif ” yang sedang diangkat dalam wacana pendidikan “karakter bangsa”.


Materi Pembelajaran Kurikulum 2013 Bidang Studi Prakarya SMP / MTs Kelas 8 Semester 1:

3.   Bab III. Budidaya Ikan Konsumsi


Materi Pembelajaran Kurikulum 2013 Bidang Studi Prakarya SMP / MTs Kelas 8 Semester 2:

3.   Bab III. Budidaya Ikan Hias


Untuk download selengkapnya buku materi pelajaran kurikulum 2013 untuk jenjang SMP / MTs kelas VII (tujuh) edisi revisi terbaru tahun 2014, silahkan klik di sini… Semoga bermanfaat dan terimakasih…

Posted by: Admin Indeks Prestasi Updated at: 08:02:00