Faktor Eksternal yang
mempengaruhi Prestasi Belajar
indeksprestasi.blogspot.com
- Prestasi
belajar yang dicapai seseorang merupakan hasil interaksi berbagai faktor yang
mempengaruhinya baik dari dalam diri (faktor internal) maupun dari luar diri
(faktor eksternal) individu. Pengenalan terhadap faktor-faktor yang
mempengaruhi prestasi belajar penting sekali artinya dalam rangka membantu
murid dalam mencapai prestasi belajar yang sebaik-baiknya. Yang tergolong
faktor eksternal yaitu:
- Faktor Lingkungan Keluarga
Faktor lingkungan
rumah atau keluarga ini merupakan lingkungan pertama dan utama dalam menentukan
perkembangan pendidikan seseorang, dan tentu saja merupakan faktor pertama dan
utama pula dalam menentukan keberhasilan belajar seseorang. Kondisi lingkungan
keluarga yang sangat menentukan keberhasilan belajar seseorang diantaranya
ialah adanya hubungan yang harmonis diantara sesama anggota keluarga,
tersedianya tempat dan peralatan belajar yang cukup memadai, keadaan ekonomi
keluarga yang cukup memadai, suasana lingkungan rumah yang cukup tenang, adanya
perhatian yang besar dari orang rua terhadap perkembangan proses belajar dan
pendidikan anak-anaknya.
- Faktor Lingkungan sekolah
Satu hal yang paling
mutlak harus ada disekolah untuk menunjang keberhasilan belajar adalah adanya
tata tertib dan disiplin yang ditegakkan secara konsekuen dan konsisten.
Disiplin tersebut harus ditegakkan secara menyeluruh dari pimpinan sekolah yang
bersangkutan, para guru, para siswa, sampai karyawan sekolah lainnya. Dengan cara
seperti inilah proses belajar akan dapat berjalan dengan baik.
- Faktor Lingkungan Masyarakat
Lingkungan atau
tempat tertentu yang dapat menunjang keberhasilan belajar diantaranya adalah
lembaga-lembaga pendidikan nonformal yang melaksanakan kursus-kursus tertentu,
misalnya kursus bahasa asing, keterampilan tertentu, bimbingan tes, kursus
belajar tambahan yang menunjang keberhasilan belajar disekolah, sanggar
organisasi keagamaan. Lingkungan atau tempat tertentu yang dapat menghambat
keberhasilan belajar antara lain adalah tempat hiburan tertentu yang banyak
dikunjungi orang yang lebih mengutamakan kesenangan atau hura-hura seperti
diskotik, bioskop, pusat-pusat perbelanjaan yang meransang kecenderungan
konsumerisme, dan tempat-tempat hiburan lainnya yang memungkinkan orang dapat
melakukan perbuatan maksiat seperti judi, mabuk-mabukan, penyalahgunaan zat
atau obat. Untuk mengatasi hal ini, kiranya peranan pendidikan dirumah dan
disekolah harus lebih ditingkatkan untuk mengimbangi pesatnya perkembangan lingkungan
masyarakat itu sendiri.
- Faktor Waktu
Bahwa waktu
(kesempatan) memang berpengaruh terhadap keberhasilan belajar seseorang.
Sebenarnya yang sering menjadi masalah bagi siswa bukan ada atau tidak adanya
waktu, melainkan bisa atau tidaknya mengatur waktu yang tersedia untuk belajar.
Selain itu masalah yang perlu diperhatikan adalah bagaimana mencari dan
menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya agar disatu sisi siswa dapat
menggunakan waktunya untuk belajar dengan baik dan disisi lain mereka juga dapat
melakukan kegiatan-kegiatan yang bersifat hiburan atau rekreasi yang sangat
bermanfaat pula untuk menyegarkan pikiran. Adanya keseimbangan antara kegiatan
belajar dan kegiatan yang bersifat hiburan atau rekreasi itu sangat perlu.
Tujuannya agar selain dapat meraih prestasi belajar yang maksimal, siswa juga
tidak dihinggapi kejenuhan dan kelelahan pikiran yang berlebihan serta
merugikan.
Dari
sekian banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, dapat digolongkan
menjadi tiga macam, yaitu:
- Faktor-faktor stimulus belajar.
Stimulus belajar
disini yaitu segala hal diluar individu itu untuk mengadakan reaksi atau
perbuatan belajar. Stimulus dalam hal ini mencakup material, penugasan, serta
suasana lingkungan eksternal yang harus diterima dan dipelajari oleh pelajar.
Berikut ini dikemukakan beberapa hal yang berhubungan dengan faktor-faktor
stimulus belajar.
a.
Panjangnya
bahan pelajaran
b.
Kesulitan
bahan pelajaran
c.
Berartinya
bahan pelajaran
d.
Berat
ringanya tugas
e.
Suasana
lingkungan eksternal
- Faktor-faktor metode belajar.
Metode belajar yang
dilakukan oleh guru sangat mempengaruhi metode belajar yang dipakai oleh
pelajar. Dengan perkataan lain, metode yang dipakai oleh guru menimbulkan
perbedaan yang berarti bagi proses belajar. Faktor-faktor metode belajar menyangkut
hal-hal berikut ini
a.
Kegiatan
berlatih atau praktik.
b.
Overlearning
dan drill.
c.
Resitasi
selama belajar.
d.
pengenalan
tentang hasil-hasil belajar.
e.
Belajar
dengan keseluruhan dan dengan bagian-bagian.
f.
Penggunaan
modalitas indra.
g.
Bimbingan
dalam belajar.
h.
Kondisi-kondisi
insentif.
- Faktor-faktor individual.
a.
Kematangan.
b.
Faktor
usia kronologis.
c.
Faktor
perbedaan jenis kelamin.
d.
Pengalaman
sebelumnya.
e.
Kapasitas
mental.
f.
Kondisi
kesehatan jasmani.
g.
Kondisi
kesehatan rohani.
h.
Motivasi
Post a Comment